Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Menggunakan App Inventor sebagai Sumber Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia

-, Yulinda (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Menggunakan App Inventor sebagai Sumber Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Yulinda. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Menggunakan App Inventor sebagai Sumber Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, App Inventor, Hukum Dasar Kimia Ilmu kimia sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat-sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Pembelajaran kimia harus mampu merangsang berfikir, bersikap ilmiah dan kreatif serta tanggap praktik-praktik dalam kehidupan sehari-hari yang relevan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berupa aplikasi mobile learning dalam format apk pada materi Hukum Dasar Kimia untuk digunakan pada smartphone bersbasis android serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap media pembelajran yang dikembangkan di kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Media dikembangkan dengan menggunakan software App Inventor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor persentase). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media, dan masing-masing diperoleh persentase skor sebesar 88,46% ; 83,33% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru yang terhadap aplikasi yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa, diperoleh persentase skor sebesar 86,25%. Kemudian hasil uji coba media pembelajaran kimia kepada siswa mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase perolehan skor keseluruhan respon siswa sebesar 89,91 % . Penelitian ini memiliki lima tahapan yaitu Analyze (Menganalisis), Design (Desain), Develope (Mengembangkan), Implement (Melaksanakan), dan Evaluate (Evaluasi). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media mobile learning berbentuk aplikasi ini layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar mandiri pada materi Hukum dasar kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, App Inventor, Hukum Dasar Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: YULINDA
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:31
Last Modified: 27 Jun 2023 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51168

Actions (login required)

View Item View Item