BUNDA, AYU PERMATA (2023) Desain Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Etnosains pada Materi Fluida Statis untuk SMA Kelas XI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK AYU PERMATA BUNDA A1C319040.pdf Download (17kB) |
|
Text
BAB V AYU PERMATA BUNDA A1C319040.pdf Download (58kB) |
|
Text
BAB I AYU PERMATA BUNDA A1C319040.pdf Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA AYU PERMATA BUNDA A1C319040.pdf Download (70kB) |
|
Text
Pengesahan Saja.pdf Download (828kB) |
|
Text
Skripsi Full Ayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Salah satu prinsip pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang diterapkan berpusat pada peserta didik yang menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru fisika di MAN 1 Muaro Jambi bahwa pembelajaran fisika cenderung menggunakan model Discovery Learning yang hanya berfokus pada pembelajaran tatap muka. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka dan pembelajaran abad 21. Hal ini disebabkan oleh pemerintah belum menetapkan sepenuhnya tentang cara penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan pembelajaran abad 21. Permasalahan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kurang efektif dan kurang memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi etnosains pada materi fluida statis untuk SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun peneliti membatasi sampai tahap develop. Perangkat pembelajaran ini telah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pedagogis dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Hasil pengembangan penelitian ini berupa perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi etnosains pada materi fluida statis untuk SMA kelas XI. Adapun tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan mendapatkan hasil 94,16% dengan kategori sangat baik pada ahli materi dan guru, 94,33% dengan kategori sangat baik pada ahli media dan guru, 94,28% dengan kategori sangat baik pada ahli pedagogis dan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi etnosains pada materi fluida statis untuk SMA kelas XI layak digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, flipped classroom, etnosains, desain |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | BUNDA |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51261 |
Actions (login required)
View Item |