UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TEKNIK PERMAINAN AKUN KELAS XII SMA XAVERIUS

Miranda, Theresia (2023) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TEKNIK PERMAINAN AKUN KELAS XII SMA XAVERIUS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
COVERR.pdf

Download (625kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMA PENGESAHAN.pdf

Download (646kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran partisipatif teknik permainan akun dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa pada kelas XII IPS 1 SMA Xaverius 2 Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Xaverius 2 Jambi yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif dan tes. Prosedur penelitian dalam penelelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus tindakan yang dilakukan secara berurutan. Informasi dari siklus terdahulu akan sangat menentukan siklus berikutnya. Langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Setiap siklus penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian antara lain: 1) keterlaksanaan metode pembelajaran partisipatif teknik permainan akun sudah terlaksana dengan baik. 2) hasil aktivitas belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang dikatakan aktif dan sangat aktif sebanyak 10 siswa (38,45%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 23 siswa (88,46%). Aktivitas belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan aktivitas belajar secara klasikal yaitu ≥85% dari jumlah siswa yang mencapai skor ≥23. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan diatas nilai KKM 70, setelah diterapkan metode pembelajaran partisipatif teknik permainan akun. Hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (61,53%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 23 siswa (88,46%). Hasil belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ≥85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran partisipatif teknik permainan akun dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan juga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi. Hal ini juga dapat membantu siswa agar tetap fokus dan siap selalu dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Kata kunci: Metode pembelajaran partisipatif teknik permainan akun, aktivitas belajar, hasil belajar, dan akuntansi dasar. Abstract This study aims to determine and describe the use of participatory learning methods of account game techniques in improving learning activities and accounting learning outcomes of students in class XII Social Studies 1 SMA Xaverius 2 Jambi. This research is a classroom action research using a cycle strategy. The subjects of this study were 26 students of grade XII Social Studies 1 SMA Xaverius 2 Jambi. Data collection techniques are carried out by participatory observation and tests. The research procedure in class action research is carried out in two cycles of actions carried out sequentially. The steps in class action research are carried out in two cycles, each cycle consisting of four stages, namely: (1) Planning (2) Implementation (3) Observation (4) Reflection. Based on the research that has been done, the results of the research include: 1) the implementation of participatory learning methods of account game techniques has been carried out well. 2) The results of student learning activities in each cycle have increased. Student learning activities in cycle I the number of students who are said to be active and very active as many as 10 students (38.45%), then increased in cycle II to 23 students (88.46%). Student learning activities have reached the criteria for completeness of classical learning activities, which is ≥85% of the number of students who achieve a score of ≥23. This shows an increase from cycles I and II. 3) student learning outcomes have increased above the KKM score of 70, after applying participatory learning methods of account game techniques. The results of student accounting learning in the first cycle the number of students who completed as many as 16 students (61.53%), then increased in the second cycle to 23 students (88.46%). Student learning outcomes have reached the criteria for completeness of classical learning outcomes, which is ≥85% of the number of students who achieve KKM 70 scores. Keywords : Participatory learning methods, learning activities, learning outcomes

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran partisipatif, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Miranda
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:44
Last Modified: 03 Jul 2023 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51290

Actions (login required)

View Item View Item