PENGEMBANGAN ALUR SCAFFOLDING PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS, BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

haryati, Tri (2023) PENGEMBANGAN ALUR SCAFFOLDING PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS, BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. S3 thesis, Doktor Pendidikan MIPA.

[img] Text
1. DISERTASI TRI HARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
2. COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (561kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
6. BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia untuk keterampilan proses sains peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan awal yang rendah dan pelaksanaan model pembelajaran project based learning yang belum maksimal. Diperlukan bantuan dalam proses pembelajaran yang berbasis projek sehingga dapat memicu dan mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alur scaffolding pada model pembelajaran project based learning berbasis scaffolding berbasis literasi sains, berpikir kritis, berpikir kreatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama pengembangan konseptual yang dikembangkan berdasarkan prosedur sintesis Lee and Jang dengan pendekatan Theory-driven conceptual Instructional Design Models tipe F2 ini terdiri dari kode O1-S1-A2 dan O2-S3-A1. serta tahap kedua yaitu implementasi model project based learning berbasis scaffolding bertujuan untuk melihat pengaruh dan interaksi variabel bebas dan variabel moderator terhadap variabel hasil. Analisis data menggunakan dua tahapan, yaitu analisis prosedur pengembangan konseptual melalui proses konstruksi dan validasi serta analisis penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial. Penelitian ini dilakukan kepada 72 responden peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Selanjutnya penelitian eksperimen model PjBL-Scaffolding menunjukkan keterampilan proses sains peserta didik meningkat dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model PjBL-Scaffolding dan literasi sains, model PjBL-Scaffolding dan berpikir kritis serta model PjBL-Scaffolding dan berpikir kreatif Dapat disimpulkan bahwa model PjBL-Scaffolding efektif untuk digunakan di kelas pada pembelajaran kimia di sekolah untuk melatih keterampilan proses sains.

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA
Depositing User: HARYATI
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:38
Last Modified: 03 Jul 2023 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51295

Actions (login required)

View Item View Item