PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Efendi, Rendi Nur and Widowati, Atri and Nugraha, Ugi (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, PASCASARJANA: PENDIDIKAN DASAR.

[img] Text
THESIS RENDI FIX NO DEBAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan (1).pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam mengembangkan modul elektronik yang didasarkan pada pendekatan discovery learning dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang kubus dan balok di kelas V Sekolah Dasar, mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membuat tujuan pembelajaran lebih mudah disampaikan dan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis kurikulum, karakter peserta didik, dan kebutuhan bahan ajar melalui wawancara guru kelas dan observasi secara langsung. Setelah analisis, kemudian membuat rancangan Modul Elektronik yang berdasarkan dengan hasil pada tahap analisis. Rancangan yang dibuat dalam bentuk storyboard. Hasil storyboard dikembangkan sehingga produk dibuat. Untuk mengetahui kevalidan, peneliti melakukan validasi Materi, validasi bahasa, validasi media. Modul yang telah dikembangkan akan di uji coba kelompok kecil untuk melihat saran dan perbaikan produk dan kelompok besar dengan mengisi angket respons peserta didik serta angket respon guru untuk melihat tingkat kepraktisannya. Kegiatan selanjutnya evaluasi dilakukan untuk melihat perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan pada Modul yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis discovery learning pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan berdasarkan validasi para ahli dinyatakan sangat valid, dan praktis. Sangat valid berarti modul dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran dan praktis disini bahwasanya multimedia interaktif sesuai dan mudah untuk dipakai oleh guru. Hal tersebut terlihat dari: 1) hasil kevalidan produk oleh validator ahli materi mendapatkan skor sebesar 94% (sangat valid) yang berarti materi dalam modul elektronik sudah sesuai dengan KD dan indikator dalam pembelajaran. Serta hasil validasi ahli bahasa sebesar 92% (sangat valid) yang berarti penggunaan bahasa pada modul sesuai dengan peraturan ejaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Serta hasil validasi ahli media sebesar 91% ( sangat valid) yang berarti desain modul mudah di gunakan oleh guru dan tampilannya sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mudah dipakai oleh guru dan peserta didik ; 2) hasil kepraktisan produk oleh guru yang mendapatkan skor sebesar 85% (sangat praktis) berarti guru merespon modul mudah dalam penggunaan dalam pembelajaran dan di simpan serta dibagikan dan peserta didik sebesar 80% (praktis) berarti peserta didik merespon bahwasanya media ini cukup menarik untuk belajar, mudah digunakan oleh peserta didik dan tampilanya membuat anak senang dengan warnanya yang tidak terlalu mencolok.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: RENDI NUR EFENDI
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:03
Last Modified: 04 Jul 2023 08:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51304

Actions (login required)

View Item View Item