PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA

Novela, Yiyin (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_Cover.pdf

Download (293kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_Halaman Pengesahan.pdf

Download (113kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img] Text
A1C119062_Yiyin Novela_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Materi asam basa merupakan materi pelajaran kimia di kelas XI SMA pada Kurikulum 2013. Sebanyak 70% peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi asam basa. Materi asam basa berkarakteristik berupa konsep-konsep asam basa serta fakta-fakta yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis kontekstual dapat membantu peserta didik dalam memahami materi asam basa dengan kehadiran teks, gambar, animasi, dan video di dalam e-modul. Pendekatan kontekstual mengajak peserta didik untuk menghubungkan konsep dan teori yang dipelajari dengan situasi di kehidupan nyata sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kontekstual pada materi asam basa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA, mengetahui kelayakan e-modul secara konseptual dan prosedural. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil pengembangan e-Modul berbasis kontekstual pada materi asam basa secara konseptual “sangat baik” berdasarkan penilaian validator ahli materi dengan rerata skor 4,4 dan ahli media dengan rerata skor 4,7. Berdasarkan penilaian secara prosedural e-modul yang dikembangkan memperoleh hasil “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Modul berbasis kontekstual pada materi asam basa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA sudah layak digunakan pada proses pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Kontekstual, Berpikir Kritis, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Novela
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:54
Last Modified: 05 Jul 2023 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51316

Actions (login required)

View Item View Item