Cholissofie, Kyra (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI DENGAN ETNOSAINS PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
Text
SKRIPSI KYRA CHOLISSOFIE.pdf Download (15MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (15MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru mendesain dan menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara di SMAN 8 Kota Jambi, didapatkan bahwa guru masih menggunakan perangkat pembelajaran yang lama dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka. Proses pembelajaran fisika yang telah berjalan selalu menggunakan model pembelajaran yang mengutamakan diskusi. Pengimplementasian sintaks model pembelajaran sering terkendala akibat adanya keterbatasan dalam alokasi waktu pembelajaran. Penggunaan teknologi terjadi penurunan saat sekolah telah normal kembali. Pembelajaran fisika hanya mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi untuk etnosains khas Jambi itu sendiri belum ada karena guru belum memahami dalam mengaitkannya dengan pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran model flipped classroom terintegrasi dengan etnosains pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun peneliti membatasi sampai tahap pengembangan (develop). Perangkat pembelajaran ini sudah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli pedagogis, ahli materi, ahli media, dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakannya.Hasil pengembangan penelitian ini berupa perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi dengan etnosains pada materi momentum dan impuls. Adapun tingkat kelayakan dari perangkat yang dikembangkan pada tahap validasi ATP, diperoleh hasil validasi aspek pedagogis 90,6% dengan kategori sangat baik dan aspek media 91,7% dengan kategori sangat baik. Pada tahap validasi modul ajar, diperoleh hasil validasi aspek pedagogis 95,7% dengan kategori sangat baik, aspek materi 99,2% dengan kategori sangat baik, dan aspek media 91% dengan kategori sangat baik. Pada tahap validasi google classroom, diperoleh hasil validasi aspek media 98,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi dengan etnosains pada materi momentum dan impuls layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cholissofie |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51327 |
Actions (login required)
View Item |