Pengaruh Motivasi Kerja dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Batik di Jambi Kota Seberang

Sianturi, Ados Aleksander (0202) Pengaruh Motivasi Kerja dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Batik di Jambi Kota Seberang. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Pengesahan_Ados.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Bab i.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Bab v.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Skripsi_Ados Aleksander Sianturi_A1A119056 (Recovered).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya keberhasilan usaha merupakan salah satu faktor yang dapat memberi pengaruh bagi keberlangsungan suatu usaha. Seperti halnya yang terjadi pada usaha batik di Jambi Kota Seberang dimana terdapat faktor intern dan ekstern yang turut mempengaruhi keberhasilan suatu usaha yaitu inovasi produk sebagai faktor ekstern dan motivasi kerja sebagai faktor intern. Dimana observasi awal menunjukkan bahwa keberhasilan usaha batik di Jambi Kota Seberang masih tergolong rendah yaitu 60% responden memiliki usaha tidak berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi kerja terhadap keberhasilan usaha batik di Jambi Kota Seberang, mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap keberhasilan usaha batik di Jambi Kota Seberang dan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha batik di Jambi Kota Seberang. Penelitian ini dilakukan pada usaha batik di Jambi Kota Seberang, dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh usaha batik di Jambi Kota Seberang sebanyak 49 usaha batik. Sampel penelitian ini sebanyak 44 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap keberhasilan usaha dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 4,034 > 2,019, (2) Terdapat pengaruh positif inovasi produk terhadap keberhasilan usaha dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 4,044 > 2,019, (3) Terdapat pengaruh motivasi kerja dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 10,586 > 3,23 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,584 ini artinya bahwa kemampuan seluruh variabel independent/bebas yaitu motivasi kerja dan inovasi produk dalam mempengaruhi variabel dependent/terikat yaitu keberhasilan usaha adalah sebesar 58,4% sedangkan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha pada usaha batik di Jambi Kota Seberang

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Inovasi Produk, dan Keberhasilan Usaha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sianturi
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:09
Last Modified: 03 Jul 2023 08:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51333

Actions (login required)

View Item View Item