PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020/2021 UNIVERSITAS JAMBI

Oktaria, Denia (2023) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020/2021 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Coverr.pdf

Download (668kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
SKRIPSI DENIA OKTARIA_A1A119095_PENDIDIKAN EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Denia (2).pdf

Download (816kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Oktaria, Denia. 2023. Pengaruh Persepsi Mahasiswa dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru Ekonomi Minat mahasiswa untuk menjadi guru ekonomi sering terjadi di kalangan mahasiswa karena di dalam diri mereka kurang nya efikasi diri. Adapun observasi awal yang dilakukan di dalam penelitian ini menunjukkan seberapa besar pengaruh nya persepsi mahasiswa, efikasi diri terhadap minat menjadi guru ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Mahasiswa dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi baik itu secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode Ex-Post-Facto. Populasi dalam penelitian ini terbatas pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2020-2021 dengna pengambilan sampel sebanyak 121 mahasiswa menggunakan teknik Proporionate Strarified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup berupa google form. Pengujian data menggunakan analisis deskripsi data, uji prasyarat dan uju hipotesis. Hasil uji penelitian ini menjujukkan secara signifikan Persepsi (X1) Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi. Hal ini dibuktikan melalui uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 14,111 > 1,98027. Selanjutnya, terdapat Pengaruh secara signifikan Efikasi Diri (X2) Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji t, terlihat nilai thitung > ttabel yakni 14,564 > 1,98027. Secara simultan terdapat pengaruh persepsi mahasiswa (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap minat menjadi guru ekonomi (Y) mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji f dan nilai fhitung > ftabel 148,651 > 3,07. Hasil Koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,716. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa mampu meningkatkan kepercayaann diri untuk menjadi guru ekonomi. Mahasiswa juga harus bisa mempertimbangkan persepsi mahasiswa dan efikasi diri untuk melanjutkan keinginannya atau cita-citanya untuk menjadi guru ekonomi. Serta untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan variable bebas lain yang tidak di masukkan di dalam penelitian ini guna mengetahui factor lain yang mempengaruhi variable dependen (minat menjadi guru) tersebut. Selain itu peneliti juga menyarankan untuk memperluas cakupan sampel penelitian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: OKTARIA
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:18
Last Modified: 03 Jul 2023 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51337

Actions (login required)

View Item View Item