Siswanto, Didik (2023) Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dalam Mewujudkan Sekolah Berkualitas. S3 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Bab I DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Bab V DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Cover DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
FULL DISERTASI_DIDIK SISWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mewujudkan sekolah berkualitas pada satuan pendidikan SMK, tidak selalu identik dengan membangun sarana dan prasarana gedung dan peralatan yang canggih maupun lengkap. Sekolah berkualitas pada satuan pendidikan SMK dapat dilihat dari kepemimpinan kepala sekolahnya dalam melakukan pengelolaan sekolah guna mewujudkan lulusan yang berkualitas, siap kerja dan siap bersaing. Pengelolaan dimaksud adalah melakukan penyelarasan kurikulum SMK dengan kebutuhan pasar kerja pada dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja, sehingga lulusan SMK bisa singkron dengan keinginan pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah menengah kejuruan dan upaya kepala sekolah menengah kejuruan dalam mewujudkan sekolah berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada 2 (dua) satuan pendidikan) SMK yang terdapat di Kabupaten Sarolangun yang terdiri atas sekolah pusat keunggulan dan bukan sekolah pusat keunggulan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan telaah dokumen. Data dianalisis dengan model interaktif Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya melaksanakan kepemimpinan trasnformasional yaitu mendorong terciptanya inovasi dan kreatifitas guru, melakukan interaksi dan komunikasi yang intensif, baik secara internal maupun eksternal serta melakukan kolaborasi berupa penyelarasan kurikulum dengan dudika serta memperkuat relasi dengan dudika. Dalam melakukan penyelarasan kurikulum dengan dunia usaha dan dunia industri, kepala sekolah melakukan penandatanganan MOU untuk memperkuat jaringan usaha sekolah dengan kebutuhan pasar kerja
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, SMK, Sekolah Berkualitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | SISWANTO |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 08:16 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 08:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |