PENGEMBANGAN RAPOR BERBASIS MICROSOFT ACCESS UNTUK GURU SMK

ZARLAINI, ZARLAINI (2023) PENGEMBANGAN RAPOR BERBASIS MICROSOFT ACCESS UNTUK GURU SMK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER LENI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN LENI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
ABSTRAK LENI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I LENI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II LENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB III LENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB IV LENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V LENI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LENI.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Zarlaini. 2023. Pengembangan Rapor Berbasis Microsoft Access untuk Guru SMK: Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M. Pd, (II) Akhmad Habibi. Ph. D. Kata Kunci: Micrososft Access, Rapor, Guru SMK Latar belakang penelitian ini adalah rasa sulit yang sangat besar bagi guru atau walikelas untuk mengaktualisasikan kemampuannya dalam pengisian rapor setiap semester nya. Pengisian secara manual dari pengetikan satu persatu menggunakan Microssoft Word membuat semua guru atau walikelas jenuh dengan keadaan ini. Produk dari penulis buat adalah Rapor sederhana, Oleh karena itu, tidak lagi guru-guru susah dalam pengisian rapor lagi sehingga untuk kedepannya pengisian Rapor tidak lagi membuat guru-guru lelah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Rapor sederhana. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Sarolangun. Model multimedia pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Lee & Owens (2004). Tahapan pengembangan yang dilalui yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa rapor yang dikembangkan menggunakan Micrososft Access dan nantinya dapat diakses pada di Laptop masing-masing guru. Uji kelayakan dilakukan kepada ahli media, dan penilaian oleh guru. Hasil penelitian berdasarkan uji kelayakan media telah layak digunakan oleh pengguna akhir dengan kategori sangat baik atau sangat layak. Kriteria tergambar pada aspek yang telah dinilai yaitu, penyajian, cara penggunaan, media terhadap penguna yaitu guru, kemudahan cara penggunaan produk mendapat kategori penilaian sangat baik. Hasil uji coba lapangan memperlihatkan antusiasme walikelas dalam menggunakan rapor yang telah penulis lakukan saat uji coba perorangan maupun uji coba terbatas. Mereka tampak gembira dengan produk ini walaupun tidak sesempurna yang di bayangkan, namun tidak lagi capek dalam pengetikan satu persatu. Berdasarkan hasil analisis data, memperlihatkan bahwa kualitas produk pengembangan aplikasi Rapor adalah sangat baik. Dengan demikian dapat disarankan, bahwa media tersebut dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi yang sangat sederhana dalam pengisian rapor. Produk ini masih perlu dikembangkan dengan tampilan yang lebih bagus lagi agar bisa digunakan oleh SMK lain. ABSTRACT Zarlaini. 2023. Development of Microsoft Access-Based Report Cards for Vocational School Teachers: Educational Technology Masters Study Program, Postgraduate, Jambi University, Supervisor: (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M. Pd, (II) Akhmad Habibi. Ph. D. Keywords: Microsoft Access, Report Cards, Vocational School Teachers The background of this research is that it is very difficult for teachers or homeroom teachers to actualize their abilities in filling out report cards every semester. Filling in manually from typing one by one using Microsoft Word makes all teachers or homeroom teachers bored with this situation. The product of the author is a simple report card. Therefore, it is no longer difficult for teachers to fill out report cards so that in the future filling out report cards will no longer make teachers tired. This development research aims to produce a simple report card product. This research was conducted at SMK Negeri 2 Sarolangun. The learning multimedia model used in this study is Lee & Owens (2004). The development stages passed are: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The resulting product is in the form of a report card which was developed using Microsoft Access and later can be accessed on each teacher's laptop. The feasibility test was carried out by media experts, and the assessment by the teacher. The results of the research based on the feasibility test of the media are suitable for use by end users in the very good or very feasible categories. The criteria are reflected in the aspects that have been assessed, namely, presentation, method of use, media for users, namely teachers, ease of use of the product, received a very good rating category. The results of the field trials show the enthusiasm of the homeroom teacher in using the report cards that the author has done during individual trials and limited trials. They seemed happy with this product even though it was not as perfect as imagined, but they were no longer tired of typing one by one. Based on the results of data analysis, it shows that the quality of the report card application development product is very good. Thus it can be suggested, that the media can be used as a very simple application in filling out report cards. This product still needs to be developed with a better appearance so that it can be used by other SMK.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Micrososft Access, Rapor, Guru SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: ZARLAINI
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:53
Last Modified: 06 Jul 2023 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51364

Actions (login required)

View Item View Item