ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MELAFALKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH IHSANIYAH KOTA JAMBI

KHOTIMAWATI, NUR (2023) ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MELAFALKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH IHSANIYAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Khotimawati, Nur. 2023. Analisis Faktor Kesulitan Siswa Dalam Melafalkan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., (2) Salman Hasani, M.Pd. Kata Kunci : Faktor Kesulitan Melafalkan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kesulitan siswa dalam melafalkan kosakata bahasa Arab di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi dan upaya mengatasi faktor penyebab kesulitan siswa dalam melafalkan kosakata bahasa Arab di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa, penentuan subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama kurangnya ketertarikan atau minat dan motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Arab, kedua tidak pernah mengulang kembali pelajaran kosakata bahasa arab dirumah, sulitnya peserta didik membaca dan mengerti tulisan kosakata bahasa Arab dan kurangnya perhatian dari orang tua kepada peserta didik saat dirumah, ketiga yaitu metode dan media pembelajaran yang digunakan guru terlalu monoton yaitu menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran hanya menggunakan buku paket sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh serta tidak tertarik belajar bahasa arab, keempat kurangnya peserta didik belajar bersama dirumah bersama-sama dengan teman yang pandai dalam belajar bahasa Arab. Upaya mengatasi kesulitan dalam melafalkan kosakata bahasa Arab siswa yaitu peserta didik banyak dilatih menulis dan membaca teks bahasa Arab, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, bekerja sama dengan teman-teman yang sudah lancar dalam melafalkan kosakata bahasa Arab, guru-guru di sekolah mengajarkan peserta didik untuk belajar iqra’, menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sembari mengaji, guru memberitahu kepada orang tua peserta didik agar dapat memperhatikan anaknya pada saat belajar dirumah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Kesulitan Melafalkan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: KHOTIMAWATI
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:11
Last Modified: 05 Jul 2023 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51380

Actions (login required)

View Item View Item