PENGEMBANGAN e-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA PADA KELAS X

Al Kautsar, Dio and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Sanova, Aulia (2023) PENGEMBANGAN e-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA PADA KELAS X. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
SKRIPSI_DIO AL KAUTSAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (301kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstark.pdf

Download (451kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (573kB)
[img] Text
daftr pustaka.pdf

Download (494kB)

Abstract

Kata Kunci : E-learning, Moodle, Hukum dasar kimia, dan Model 4-D Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle yang kreatif dan inovatif dalam mengajar materi kimia, khususnya hukum dasar kimia, di kelas X SMAN 11 Muaro Jambi. e-learning merupakan pembelajaran yang menggunakan sistem elektronik atau komputer dengan tujuan mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran e-learning ini dirancang dengan tujuan tidak hanya sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai media informasi, hiburan, dan pendidikan yang menarik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four D Model), yang meliputi tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Media pembelajaran ini telah dinilai layak oleh ahli materi dan ahli media, dengan penilaian ahli media mencapai skor rata-rata 3,93 dengan persentase 80,83% (kategori baik) dan ahli materi mencapai skor rata-rata 3,92 dengan persentase 78,47% (kategori baik tanpa revisi). Guru juga menyatakan bahwa media pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle ini baik dan layak untuk diujicobakan, dengan skor penilaian guru rata-rata 4,31 dengan persentae 86,15% (kategori sangat baik). Hasil respon siswa terhadap produk menunjukkan kategori baik, dengan rerata skor respon siswa sebesar 84,09% (kategori sangat baik). Dalam kesimpulannya, media pembelajaran ini berhasil menarik minat siswa dan mampu mengatasi kebosanan dalam pembelajaran yang monoton. Media pembelajaran ini memiliki potensi untuk ditingkatkan dan dapat menarik minat siswa dalam mempelajari hukum dasar kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Kautsar
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:50
Last Modified: 05 Jul 2023 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51393

Actions (login required)

View Item View Item