Pengaruh Media Fun Thinkers Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok B di TK Kirana Kota Jambi

Kasari, Esti (2023) Pengaruh Media Fun Thinkers Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok B di TK Kirana Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (447kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
dafus.pdf

Download (380kB)
[img] Text
full sripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (168kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Esti Kasari, 2023. Pengaruh Media Fun Thinkers Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok B di TK Kirana Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Rizki Surya Amanda, S.Pd,.M.Pd Kata Kunci: media fun thinkers dan kecerdasan logika matematika Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan dalam kecerdasan logika matematika anak masih bisa dikatakan belum berkembang. Kecerdasan logika matematika ini merupakan kemampuan atau kemahiran yang dimiliki seseorang dalam mengelola angka baik secara logis maupun abstrak. Anak belum mampu membilang atau menghubungkan lambang dengan bilangan , anak belum mampu mengenal bentuk geometri dan warna, dan anak belum mampu untuk berhitung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh media fun thinkers terhadap kecerdasan logika matematika kelompok B di TK Kirana Kota Jambi?”. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh media fun thinkers terhadap kecerdasan logika matematika pada kelompok B di TK Kirana Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media fun thinkers terhadap kecerdasan logika matematika pada kelompok B di TK Kirana Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantiatif. Dengan menggunakan metode eksperimen. Ancangan penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah anak pada kelompok B di TK Kirana dengan jumlah 51 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 17 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk menghitung statistika penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan dalam kecerdasan logika matematika anak sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 44,94. Setelah diberikan perlakuan(posttest) sebesar 70,76. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t_hitung sebesar 16,138. Hal ini berarti nilai t_(hitung )lebih besar dibandingkan t_tabel pada taraf 5% (α = 0,05) yaitu 1,745 (t_hitung > t_tabel). Nilai sig (0,00) < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari data pretest dan posttest, sedangkan, perhitungan effect size sebesar 4,77 atau 477%. Kesimpulan dari penelitian ini “Terdapat pengaruh media fun thinkers terhadap keterampilan dalam kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B di TK Kirana Kota Jambi menunjukkan interprestasi strong effect”. ABSTRACT Esti Kasari, 2023. The Influence of Media Fun Thinkers on Mathematical Logic Intelligence in Group B at Kirana Kindergarten, Jambi City. Thesis. Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisor (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Rizki Surya Amanda, S.Pd,.M.Pd Keywords: media fun thinkers and mathematical logic intelligence This research is motivated by the skills in children's mathematical logic intelligence which can still be said to be underdeveloped. This mathematical logic intelligence is the ability or skill that a person has in managing numbers both logically and abstractly. Children have not been able to count or connect symbols with numbers, children have not been able to recognize geometric shapes and colors, and children have not been able to count. The formulation of the problem in this study is "Is there an influence of media fun thinkers on group B's mathematical logic intelligence at Kirana Kindergarten, Jambi City?". The hypothesis in this study is that there is an influence of media fun thinkers on mathematical logic intelligence in group B at Kirana Kindergarten, Jambi City. The purpose of this study was to determine the effect of media fun thinkers on mathematical logic intelligence in group B at Kirana Kindergarten, Jambi City. The type of research used in this research is quantitative. By using the experimental method. The design of this study used a one group pretest-posttest design. The population of this study were children in group B at Kindergarten Kirana with a total of 51 children. The sample of this research is 17 children. The sampling technique in this study used random sampling. The research instrument used was an observation sheet. The data analysis technique used in this study is the normality test, homogeneity test and hypothesis testing. To calculate the statistics of this study using SPSS version 24. The results showed that the average skill in children's mathematical logical intelligence before being given treatment (pretest) was 44.94. After being given treatment (posttest) of 70.76. The results of the t test show that the t_count value is 16.138. This means that the t_(count) value is greater than t_table at the 5% level (α = 0.05), namely 1.745 (t_count > t_table). The sig value (0.00) <0.05 indicates that there is a significant difference from the pretest and posttest data, meanwhile, the effect size calculation is 4.77 or 477%. The conclusion of this study "There is an influence of media fun thinkers on skills in mathematical logic intelligence in group B children at Kirana Kindergarten, Jambi City, showing a strong effect interpretation".

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media fun thinkers dan kecerdasan logika matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Kasari
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:15
Last Modified: 10 Jul 2023 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51408

Actions (login required)

View Item View Item