Simatupang, Putri Handayani (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK FIVE-TIER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dikarenakan sering sekali konsep yang diberikan oleh pendidik bertentangan dengan konsep yang diterima oleh peserta didik masalah ini disebut dengan miskonsepsi. Untuk itu diperlukan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Namun tes diagnostik yang sudah terbit masih memiliki kelemahan dalam penilaiannya sehingga diperlukan pengembangan instrumen five-tier diagnostik tes berbasis website menggunakan aplikasi dreamweaver serta untuk mengetahui kelayakan instrumen miskonsepsi berbasis website pada materi kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan instrumen five-tier diagnostik tes untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) penelitian ini hanya sampai tahap development (pengembangan). Tahap analisis peneliti melakukan analisis dokumentasi secara studi literatur mencari informasi mengenai miskonsepsi. Tahap desain produk yang akan dikembangkan dengan menentukan tim pengembangan, sumber daya yang dibutuhkan, cakupan, struktur serta storyboard dan menentukan spesifikasi produk. Selanjutnya melakukan tahap development (pengembangan) website yang telah di desain di uji validasinya untuk mengetahui kelayakan dari produk yang didesain hasil dari validasi yang dilakukan pada validasi media dengan 2 validator masing- masing mendapatkan kategori “Sangat Baik” dengan persentase 86,73% dan 82,8%. Persentase hasil dari validasi assessment memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan peresentase 100%. Hasil dari validator praktisi memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan persentase 92%. Untuk respon pengguna memperoleh hasil kategori “Sangat Baik” dengan persentase 86,95%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kedepannya peneliti dapat menambah instrumen miskonsepsi berbasis website dengan fitur pendukung lainnya seperti penyelesaian miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini dikarenakan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan instrumen website untuk mengidentifikasi miskonsepsi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Simatupang |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:38 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |