KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI SMAN 11 KOTA JAMBI PADA MATERI ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI

Tampubolon, Diana (2023) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI SMAN 11 KOTA JAMBI PADA MATERI ENERGI DAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
SKRIPSI FULL DIANA TAMPUBOLON (A1C319016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (250kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan miskonsepsi keduanya sangat erat kaitannya. Keterampilan berpikir kritis yang rendah memungkinkan peserta didik tidak mampu mengolah informasi lebih banyak termasuk memahami konsep fisika yang berujung pada miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik kelas XI MIPA pada materi energi dan hukum kekekalan energi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Kota Jambi pada Februari 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 144 peserta didik. Untuk penentuan jumlah sampel yaitu berdasarkan rumus Yamane dan Isaac & Michael, diperoleh jumlah sampel yaitu 106 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket keterampilan berpikir kritis dan lembar tes miskonsepsi berformat five tier diagnostic test. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA N 11 Kota Jambi yang dikategorikan sedang dengan persentase rata-rata 70,78 %. Dan juga peserta didik mengalami miskonsepsi dengan persentase rata-rata adalah 33,02 %. Adapun korelasi atau hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan miskonsepsi merujuk pada korelasi negatif dengan koefisien korelasi sebesar -0,582. Korelasi negatif ini berarti bahwa semakin tinggi keterampilan berpikir kritis peserta didik maka miskonsepsi yang dialaminya rendah, begitupun sebaliknya. Kemudian dari hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan hipotesis alternatif diterima berdasarkan uji t dan korelasi product moment sama. Maka dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan miskonsepsi peserta didik yang dikategorikan dalam korelasi sedang. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk mengidentifikasi konsep fisika lain yang diduga terjadi miskonsepsi. Dan menambahkan variabel-variabel terkait untuk memperkuat penyebab terjadinya miskonsepsi. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, Miskonsepsi, Energi dan hukum kekekalan energi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tampubolon
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:35
Last Modified: 04 Jul 2023 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51426

Actions (login required)

View Item View Item