Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP

putri, anindiya Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP. UNJA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (419kB)

Abstract

Aktivitas siswa merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi selama proses belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang mengarah pada proses belajar seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas–tugas, dapat menjawab pertanyaan guru dan bisa bekerja sama dengan siswa lain. Untuk meningkatkan aktivitas siswa tersebut dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa antara lain pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan yang berbeda, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group desain. Kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) guna melihat pengaruhnya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata menggunakan uji t pihak kanan dan deskripsi aktivitas siswa dilihat dari lembar observasi. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 81,9% dan dalam kategori sangat baik, dan kelas kontrol sebesar 74,09% dalam kategori baik. Dan rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,23 sedangkan kelass kontrol sebesar 65,87. Hasil uji t hitung dibandingkan t tabel untuk nilai postest hasill belajar siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 3,510 > 1,671. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan Pendidikan Matamatika Realistik (PMR) lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran langsung. Perbedaan aktivitas dan hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PAktivitas siswa merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi selama proses belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang mengarah pada proses belajar seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas–tugas, dapat menjawab pertanyaan guru dan bisa bekerja sama dengan siswa lain. Untuk meningkatkan aktivitas siswa tersebut dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa antara lain pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan yang berbeda, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group desain. Kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) guna melihat pengaruhnya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata menggunakan uji t pihak kanan dan deskripsi aktivitas siswa dilihat dari lembar observasi. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 81,9% dan dalam kategori sangat baik, dan kelas kontrol sebesar 74,09% dalam kategori baik. Dan rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,23 sedangkan kelass kontrol sebesar 65,87. Hasil uji t hitung dibandingkan t tabel untuk nilai postest hasill belajar siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 3,510 > 1,671. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan Pendidikan Matamatika Realistik (PMR) lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran langsung. Perbedaan aktivitas dan hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Dari hasil penelitian ini didapat bahwa PMR berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dapat menggunakan pendekatan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi aritmatika sosial. MR). Dari hasil penelitian ini didapat bahwa PMR berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dapat menggunakan pendekatan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi aritmatika sosial.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANINDIYA PUTRI
Date Deposited: 10 Sep 2018 05:07
Last Modified: 10 Sep 2018 05:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item