FITRI, ISLAMI YANI pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP. UNJA.
Text
artikel.pdf Download (694kB) |
Abstract
Permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran adalah lemahnya kemampuan siswa dalam berkomunikasi interpersonal. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based learning (PBL) di harapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel yaitu pada kelas eksperimen di terapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung diterpkan pada kelas kontrol. Pada masing-masing kelas diberikan pretest dan posttest berupa angket komunikasi interopersonal siswa untuk melihat kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 50,99. Dan rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen sebesar 75,793. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 52,0751. Dan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 57,9264, .Dari data terlihat bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, Uji hipotesis terhadap rata-rata skor posttest komunikasi interpersonal siswa antara yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung digunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan yang menghasilkan nilai uji t_hitung untuk nilai posttest komunikasi interpersonal siswa adalah 16,7556. Sedangkan t_tabel untuk uji satu pihak dengan derajat bebas 58 dan tingkat kepercayaan 95% adalah 1,8608. Karena t_hitung > t_tabel yaitu 16,7556 > 1,8608, maka H_0 ditolak sedangkan H_1 diterima, sehingga dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ISLAMI YANI FITRI |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 05:07 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 05:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5146 |
Actions (login required)
View Item |