Pengembangan Diagnostic Test Berformat Five-Tier Berbasis Web Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana

Laila, Ella Hikmatul (2023) Pengembangan Diagnostic Test Berformat Five-Tier Berbasis Web Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Ella Hikmatul Laila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Persetujuan.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya instrumen miskonsepsi berformat four-tier pada materi pesawat sederhana berbasis kertas yang masih memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah kesalahan dalam pengoreksian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Five-tier diagnostic test guna mengidentifikasi miskonsepsi pada pokok bahasan pesawat sederhana (1) untuk mengetahui kelayakan dari produk web yang dikembangkan (2). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan yaitu (analyze, design, developt, implement, dan evaluate) yang dibatasi pada tahap develop dan disetiap tahap dilakukan revisi dan evaluate. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 51 siswa di SMP Negeri 22 Sarolangun. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, assassment, praktisi dan respon pengguna. Teknik analisis penyajian data diperoleh dari data kualtitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli media, assessment, praktisi dan respon pengguna, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian dari ahli media, assessment, praktisi dan respon pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk berupa instrumen miskonsepsi berformat five-tier berbasis website pada materi pesawat sedehana telah divalidasi dan diujicobakan. Adapun hasil validasi ahli media dari dua validator diperoleh masing-masing sebesar 4,00 dan 4,31 dengan kategori “valid” dan “sangat valid”, validasi ahli assessment diperoleh sebesar 2,33 dengan kategori “sangat valid”, dan skor validasi praktisi diperoleh 4,33 dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan respon pengguna (peserta didik) terhadap pengembangan memperoleh sebesar 4,14 berada dikategori “baik”. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini dihasilkan produk berupa instrumen miskonsepsi berformat five-tier berbasis website pada materi pesawat sedehana sebagai alat untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi pesawat sederhana yang telah valid dan mendapatkan respon baik bagi pengguna. Website ini dapat diakses melalui link https://psdt.creative-ku.com. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan alat atau media yang dapat digunakan untuk meremediasi miskonsepsi peseta didik yang dimuat kedalam website. Dikarenakan penelitian ini berbatas pada penerapan instrumen berbasis web untuk mengidentifikasi miskonsepsi peseta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LAILA
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:05
Last Modified: 05 Jul 2023 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51471

Actions (login required)

View Item View Item