Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Vii Smp MateriSegiempat Dengan Skenario Pembelajaran Menggunakan Candi Muaro Jambi

palentin, meri Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Vii Smp MateriSegiempat Dengan Skenario Pembelajaran Menggunakan Candi Muaro Jambi. universitas jambi.

[img] Text
artikel.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan candi Muaro Jambi pada materi segiempat kelas VII SMP dan mendeskripsikan aktivitas yang mendukung kemampuan literasi matematika pada pembelajaran di candi Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di candi Muaro Jambi dengan siswa SMP Yadika Kota Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar soal literasi matematika kepada siswa dan pengamatan lembar observasi serta wawancara dengan siswa. Setelah soal tes dikembalikan dan lembar observasi telah diisi, data dianalisis secara kualitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di candi Muaro Jambi berhasil meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Candi Muaro Jambi yang sebagai salah satu bangunan bersejarah di Provinsi Jambi dapat memfasilitasi siswa memahami matematika yang bersifat abstrak dengan menggunakan objek candi yang konkret serta dengan adanya skenario pembelajaran siswa merasakan suasana pembelajaran matematika yang baru. Siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik tidak mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan masalah secara matematis namu mampu memenuhi indikator menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran dalam matematika, dan menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil dari suatu proses matematika. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi matematika. Siswa dengan gaya belajar VAK memiliki kemampuan literasi matematika level 3 yang ditunjukan dengan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal literasi matematika level 3 (soal nomor 1) dan level 2 (soal no 2) serta level 1 (soal nomor 3). Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara aktivitas pembelajaran di candi Muaro Jambi yang mendukung kemampuan literasi matematika adalah aktivitas membaca, mengingat pelajaran, mengamati eksperimen, serta melakukan percobaan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dengan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dapat mencapai level teratas kemampuan literasi matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MERI PALENTIN
Date Deposited: 10 Sep 2018 07:29
Last Modified: 10 Sep 2018 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item