Penokohan Cerpen Pilihan Kompas 2021 Keluarga Kudus Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SMP

Ningsih, Gustia Dian (2023) Penokohan Cerpen Pilihan Kompas 2021 Keluarga Kudus Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
GUSTIA DIAN NINGSIH (A1B119067) PBSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL DAN COVER.pdf

Download (284kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan pada antologi Cerpen Pilihan Kompas 2021 Keluarga Kudus dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ditinjau dari segi penokohan. Pada buku antologi ini terdapat 22 cerpen dan hanya 6 cerpen yang digunakan sebagai objek penelitian, yaitu Akar Bahar Tiga Warna, Aku Ngenteni Tekamu, Kota Ini adalah Sumur, Akhirnya Kita Semua Menjadi Maling, Cakar Dubuk Tutul, dan Keluarga Kudus. Dari keseluruhan cerpen tersebut terdapat 27 tokoh. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan objektif. Penelitian ini berfokus pada kajian atau analisis penokohan dengan menggunakan teori penokohan Burhan Nurgiyantoro. Selanjutnya, penokohan tersebut dijadikan sebagai penguatan pendidikan karakter. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat 17 tokoh protagonis dan 10 tokoh antagonis yang didasarkan pada fungsi penampilan tokoh. Tokoh protagonis maupun tokoh antagonis dominan dilukiskan dengan teknik dramatik. Terdapat 7 nilai pendidikan karakter yang ditinjau dari segi penokohan, yaitu nilai pendidikan karakter tanggung jawab, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, jujur, peduli sosial, dan religius. Kata Kunci: penokohan, pendidikan karakter, cerpen kompas Abstrack This research aims to describe the characterization in anthology of Cerpen Pilihan Kompas 2021 Keluarga Kudus and explain the value of character education in terms of charactization. In this anthology, there are 22 short story and only 6 used as research objects, namely Akar Bahar Tiga Warna, Aku Ngenteni Tekamu, Kota Ini adalah Sumur, Akhirnya Kita Semua Menjadi Maling, Cakar Dubuk Tutul, dan Keluarga Kudus. From the whole short story above there are 27 characters already identified. This research use qualitative method with and objective approaches. This research focused on the study of charactization analysis using Burhan Nurfuyantoro's theory concept. Furthermore, characterization as the main concept for this research helps to strengthen the character education. The research result describe that there are 17 protagonists and 10 antagonists based on the function of the character's appearance. The protagonist and the dominant antagonist are depicted using dramatic techniques. There are 7 character education the essence of these characterization through character education are responsibility, hard work, democratic, curious, honest, social care, and religious. Keywords: characterizations, character education, kompas short story

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penokohan, pendidikan karakter, cerpen kompas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: NINGSIH
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:23
Last Modified: 05 Jul 2023 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51527

Actions (login required)

View Item View Item