Irawan, Devi Gustia (2023) Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Kelompok B2 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text
SKRIPSI_DEVI GUSTIA IRAWAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Irawan, Devi Gustia. 2023. Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Kelompok B2 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D. (II) Sri Indriani Harianja, M.Pd. Kata kunci: Metode Total Physical Response (TPR), Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris, Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode total physical response (TPR) pada kelompok B2 TK Dharma Wanita Mendalo Darat dalam pengenalan kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan mulai dari Februari-Maret, dengan melaksanakan 1 kali pretest, 6 kali treatment, dan 1 kali posttest. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah 29 orang anak, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh anak yang ada di kelas B2 TK Dharma Wanita Mendalo Darat yaitu sebanyak 12 orang anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dengan participant obsevation. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah divalidasi oleh dosen pembimbing setiap itemnya. Data dianalisis menggunakan rumus N-gain dan hipotesis dengan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil dari analisis data menggunakan rumus N-gain menunjukkan bahwa penilaian termasuk kategori sedang (0,3≤ g ≤ 0,7) dan tafsiran menggunakan persentase termasuk kategori kurang efektif (40%-50%) yaitu dengan nilai 0,50 atau 50%. Kemudian dengan uji Wilcoxon Match Pairs Test yang telah membuktikan Zhitung > Ztabel yaitu 2,8 > 1,96 menunjukkan bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa metode total physical response (TPR) berpengaruh positif terhadap pengenalan kosakata Bahasa Inggris kelompok B2 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Irawan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51573 |
Actions (login required)
View Item |