PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Darmatiara, Dedek (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
SKRIPSI DEDEK DARMATIARA FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Coverr.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Darmatiara, Dedek. 2023. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Momentum dan Impuls: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Haerul Pathoni, S,Pd., M.PFis. Pembimbing (II) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, STEM, respon peserta didik Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu kurang tersedianya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di SMA Negeri 3 Muaro Jambi khususnya pada mata pelajaran fisika materi momentum dan impuls, yang membuat peserta didik merasa sulit dalam menyerap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk video pembelajaran berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi Momentum dan Impuls. Penelitan ini dilakukan pada bulan Mei-Juni tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahap yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah 78 orang di SMA Negeri 3 Muaro jambi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket respon, hasil saran dari validator, dan hasil wawancara pendidik. Teknik analisis penyajian data diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif yaitu diperoleh dari tanggapan atau saran dari ahli materi dan media, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penyebaran angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk video pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta telah disebarkan angket respon kepada peserta didik untuk melihat keefektifan media video pembelajaran yang dikembangkan. Adapun hasil validasi oleh ahli media dan materi didapatkan nilai rata-rata 91,53% untuk validasi ahli media dan 95,71% untuk validasi ahli materi yang berada pada kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian, hasil penyebaran angket respon peserta didik memperoleh hasil yang sangat baik pada setiap aspeknya. Aspek materi mendapatkan persentase 85%, aspek tampilan video mendapatkan persentase 86%, aspek penyajian video mendapatkan persentase 88%, dan aspek kebermanfaatan video mendapatkan persentase 84% yang mana pada semua aspek berada dalam kategori sangat baik dan respon yang baik dari peserta didik dalam pembelajaran fisika dan membantu dalam pembelajaran. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu dihasilkan video pembelajaran fisika berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi Momentum dan Impuls sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran fisika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Darmatiara
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:29
Last Modified: 06 Jul 2023 03:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51635

Actions (login required)

View Item View Item