ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA TIPE KEPRIBADIAN THINKING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP

Khoiriyah, khoiriyah ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA TIPE KEPRIBADIAN THINKING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP. universitas jambi.

[img] Text
artikel.pdf

Download (795kB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang mendukung kesuksesan siswa dalam penyelesaian masalah matematika adalah keterampilan metakognisi. Di SMP N1 Limbur Lubuk Mengkuang terdapat siswa thinking yang bermetakognisi tinggi serta memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik namun masih menunjukan hasil penyelesaian masalah tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dan level metakognisi siswa thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes pemilihan subjek, lembar tes penyelesaian masalah dan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukan siswa thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian pertama hanya memenuhi indikator keterampilan metakognisi yang pertama yaitu mengembangkan suatu perencanaan tindakan. Siswa thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian kedua dan ketiga memenuhi semua indikator keterampilan metakognisi yaitu mengembangkan suatu perencanaan tindakan, mengadakan monitoring dan mengevaluasi perencanaan. Siswa thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian kelima hanya memenuhi indikator keterampilan metakognisi yang pertama yaitu mengembangkan suatu perencanaan tindakan. Adapun level metakognisi subjek penelitian yaitu subjek penelitian pertama tergolong aware use. Subjek kedua dan ketiga tergolong reflective use. Subjek keempat dan kelima tergolong strategic use.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHOIRIYAH
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:04
Last Modified: 10 Sep 2018 09:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item