AULIA, RIZA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
cover.pdf - Published Version Download (592kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
Halaman persetujuan.pdf - Published Version Download (223kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
Abstrak.pdf - Published Version Download (322kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
bab i.pdf - Published Version Download (340kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
bab v.pdf - Updated Version Download (205kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
daftas pustaka.pdf - Updated Version Download (329kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA)
SKRIPSI_RIZA AULIA (A1C119018).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Kimia memiliki bahasan materi saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dalam pembelajaran kimia membutuhkan pemahaman konsep dasar untuk memahami materi selanjutnya. Salah satu akibat kurangnya pemahaman konsep yaitu miskonsepsi. Miskonsepsi terjadi apabila pemahaman konsep siswa berbeda dengan konsep yang telah ditetapkan menurut ahli. Miskonsepsi dapat diidentifikasi melalui tes diagnostik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes diagnostik jenis four tier multiple choice test pada materi asam basa. Tes diagnostik ini dapat digunakan untuk melihat pemahaman konsep siswa dan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa setelah mempelajari materi asam basa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pengumpulan data melalui lembar wawancara, lembar angket, dan analisa butir soal. Teknik analisa data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen four tier multiple choice test materi asam basa berdasarkan validasi ahli diperoleh rerata skor 4,17 dengan kategori “Layak” untuk uji coba. Serta hasil analisa butir soal yang terdiri dari 20 soal diperoleh 13 soal “Valid” dan 7 soal “Tidak Valid” dan nilai reliabelitas 0,875 dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Berdasarkan penilaian guru diperoleh rerata skor 4,16 dengan kategori “Baik” dan respon siswa sebesar 88,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen four tier multiple choice test materi asam basa layak dan diterima baik oleh guru dan siswa yang digunakan sebagai instrument tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Four Tier Multiple Choice Test, Asam Basa, Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Aulia |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:03 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |