ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

SUBHANI, KURNIA ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. jurnal ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL.

[img] Text
JURNAL_D1B014112_KURNIA SUBHANI_AGRIBISNIS.pdf

Download (770kB)

Abstract

ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL Kurnia Subhani1, Dompak MT Napitupulu² dan Mirawati Yanita3 1) Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi 2) Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi Email: kurniasubhani28@gmail.com ABSTRAK Kopi merupakan salah satu sumber devisa negara, sumber pendapatan petani dan penghasil bahan baku industri. Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan daya saing dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional tahun 1996-2015. Data yang digunakan adalah data time series dengan rentang waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 tahun (1996-2015). Daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional disajikan secara deskriptif dalam bentuk gambar, sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional digunakan model regresi linear berganda. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kopi Indonesia memiliki daya saing secara komparatif dan kompetitif di pasar internasional. Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa volume ekspor kopi dan jumlah produksi kopi dalam negeri berpengaruh positif terhadap daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional, sedangkan konsumsi domestik dan PDB Indonesia berpengaruh negatif terhadap daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional. Peningkatan daya saing ekspor kopi Indonesia diperoleh melalui peningkatan produksi kopi baik kualitas maupun kuantitas agar mampu meningkatkan volume ekspor. Peningkatan volume ekspor dapat dilakukan dengan cara mempermudah prosedur ekspor berupa subsidi ekspor dan menghapus hambatan-hambatan ekspor, sehingga diharapkan dengan kenaikan volume ekspor maka daya saing ekspor juga meningkat di pasar internasional. Kata Kunci: Kopi, Daya Saing, Komparatif, Kompetitif, Pasar Internasional

Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: KURNIA SUBHANI
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:04
Last Modified: 10 Sep 2018 09:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item