Kiftiah, Novita PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. universitas jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (170kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran yaitu masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan diterapkan model pembelajaran problem based learning diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar dikelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Post-Test Only Control Design dengan dua kelas sampel yang masing-masing diberi post-test diakhir pembelajaran. Kelas eksperimen di terapkan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes untuk kemampuan komunikasi tertulis, lembar observasi kemampuan komunikasi lisan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen yaitu 68,0631 dan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol sebesar 54,722. Dengan kriteria pengujian adalah terima Ho jika − t0,975 < thitung < + t0,975 pada taraf nyata 95% (α = 0,05) dan derajat kebebasan (n1 + n2 – 2). Diperoleh nilai thitung = 2,4102993 dan ttabel = 2,008559072. Karena thitung berada di luar daerah penerimaan H0 sehingga H0 di tolak dan H1 diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based learning memiliki perbedaan dengan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVITA KIFTIAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 09:12 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 09:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |