Purba, Ana siska (2023) ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI APLIKASI MOBILE JKN DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Mobile JKN adalah aplikasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah pendaftaran,mengubah dan menemukan data kepesertaan,mendapatkan layanan kesehatan rujukan tingkat pertama dan lanjutan serta kemudahan untuk memberikan kritik dan saran. Data BPJS Kesehatan Kota Jambi tahun 2021 sebanyak 586.893 peserta atau 94,55% populasi penduduk Kota Jambi menjadi peserta di BPJS Kesehatan Kota Jambi. Kemudian untuk data pengguna Mobile JKN sebanyak 19.064 pengguna. Hal ini menunjukkan Peserta BPJS masih kurang dalam pemanfaatan sistem informasi aplikasi Mobile JKN diduga karena kurangnya pemahaman peserta mengenai aplikasi Mobile JKN dan kurangnya kualitas dari sistem informasi tersebut. Padahal aplikasi Mobile JKN menghadirkan fitur fitur yang diharapkan mampu mempermudah akses peserta mendapatkan pelayanan kesehatan dengan BPJS Kesehatan. Metode : Menggunakan desain Cross sectional,dengan populasi 19.064 dan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel non probability secara accidental sampling. Variable penelitian adalah Pemanfaatan sistem informasi,Kualitas Sistem,Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan pada aplikasi Mobile JKN. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan gambaran kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan dengan pemanfaatan sistem informasi aplikasi Mobile JKN di kota Jambi dimana 55% menyatakan baik pada variabel kualitas sistem, 69% menyatakan baik untuk variabel kualitas informasi, 74% menyatakan baik pada variabel kualitas layanan dan 62% menyatakan baik untuk variabel pemanfaatan. Dan terdapat hubungan yang siknifikan antara kualitas sistem (p=0,000), kualitas informasi (p=0,000) dan kualitas layanan (p=0,000) terhadap pemanfaatan sistem informasi Mobile JKN di Kota Jambi. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara gambaran kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan dengan pemanfaatan sistem informasi aplikasi Mobile JKN di kota Jambi. Background : Mobile JKN is an application from BPJS Kesehatan to facilitate registration, change and find membership data, get first and advanced referral health services and ease of providing criticism and suggestions. Data from BPJS Kesehatan Jambi City in 2021 as many as 586,893 participants or 94.55% of the population of Jambi City became participants in BPJS Kesehatan Jambi City. Then for Mobile JKN user data as many as 19,064 users. This shows that BPJS participants are still lacking in the use of the Mobile JKN application information system, allegedly due to the lack of understanding of participants about the JKN Mobile application and the lack of quality of the information system. Even though the JKN Mobile application presents features that are expected to facilitate participants' access to health services with BPJS Kesehatan. Method : Using a Cross sectional design, with a population of 19,064 and a sample number of 100 respondents. Non probability sampling technique by accidental sampling. The research variables are information system utilization, system quality, information quality and service quality on the JKN Mobile application. Results : The results showed an overview of system quality, information quality and service quality with the use of the JKN Mobile application information system in Jambi city where 55% stated good on system quality variables, 69% stated good for information quality variables, 74% stated good on service quality variables and 62% stated good for utilization variables. And there is a significant relationship between system quality (p = 0.000), information quality (p = 0.000) and service quality (p = 0.000) on the use of Mobile JKN information system in Jambi City. Conclusion : There is a significant relationship between the picture of system quality, information quality and service quality with the utilization of the JKN Mobile application information system in Jambi city.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi,Mobile JKN,BPJS Kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Purba |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:36 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |