PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ISPRING PRO PADA MATA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DIKELAS VIII H SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

Pratama, Andika (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ISPRING PRO PADA MATA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DIKELAS VIII H SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ISPRING PRO PADA MATA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DIKELAS VIII H SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
IMG_20190711_072307_HDR-min.pdf

Download (201kB)
[img] Text
1. BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
5. BAB 5.pdf

Download (96kB)

Abstract

Pratama, Andika. 2019. Pengembangan multimedia interaktif ispring pro pada mata pembelajaran ips terpadu di kelas VIII H Smp Negeri 8 Kota Jambi, Skripsi, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, MP (II) Iwan Putra, S.E.,M.S.Ak Kata Kunci : Ispring pro, multimedia interaktif, Pesatnya perkembangan tenologi buktinya masih belum mampu menyentuh dunia pendidikan secara umum. Pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pembelajaran ips terpadu masih mengarah pada pembelajaran tanpa media. Kecenderungan ini membuat inovasi dari pendidik akan munculnya media dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi terkesampingkan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan munculnya perangkat-perangkat lunak yang ramah untuk dipelajari pendidik yaitu Ispring Pro. Aplikasi ini terhubung langsung dengan microsoft power point mejadikannya ramah untuk para pendidik yang awam teknologi. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interkatif ispring pro pada mata pembelajaran ips terpadu serrta menguji kelayakan multimedia interkatif tersebut. Serta mengetahui persepsi dari siswa terhadap produk yang telah diuji kelayakannya. Model penelitian pengembangan produk multimedia interaktif berbasis ispring pro ini mengadaptasi model ADDIE. Model ini teridiri dari 5 tahapan proses yaitu : analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan data hasil validitas dan persepsi siswa yang diperoleh antara lain: persentase kualitas materi 75% dan persentase kualitas media 70%. Hasil ini dikategorikan media telah layak untuk di ujicobakan. Persentase hasil uji coba tanggapan kelompok kecil yaitu 80,4% dan kelompok besar senilai 65,7%. Hasil ini multimedia interaktif dapat di kategorikan baik. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis ispring pro pada mata pembelajaran ips terpadu dikategorikan layak oleh validator, dan siswa. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, nantinya akan tercipta inovasi-inovasi terbaru. Penelitian ini diharapkan menjadi sarana acuan pengembangan selanjutnya berdasarkan perangkat lunak yang sama yaitu ispring pro agar dapat dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ANDIKA PRATAMA
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:52
Last Modified: 11 Jul 2019 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item