PERAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI KELAS VIII SMPN 16 KABUPATEN KERINCI

Julian Haris, Ebit (2023) PERAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI KELAS VIII SMPN 16 KABUPATEN KERINCI. S1 thesis, Kepelatiahn Olahraga.

[img] Text
SKRIPSI EBIT FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (242kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (329kB)

Abstract

ABSTRAK Ebit Julian Haris. 2022. “Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam Membangun Karakter Siswa di Kelas VIII SMPN 16 Kabupaten Kerinci”. Skripsi Jurusan Pendidikan dan Kepelatihan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) DR. Ugi Nugraha, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Yusradinafi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Peran Pendidikan, PJOK, Karakter Siswa. Pendidikan jasmani mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan dengan berbagai aktivitas jasmani, sehingga diperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh. Melalui pendidikan jasmani, baik aspek fisik maupun aspek nonfisik yang menyangkut kemampuan kerja, berfikir dan keterampilan dapat teratasi. Oleh sebab itu, keduanya harus saling terkait dan mendukung, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun karakter manusianya yang tangguh dapat tercapai. Dalam ruang lingkup pembelajaran PJOK, Guru PJOK bertanggung jawab dalam membangun karakter siswanya dengan berbagai aktivitas pendidikan jasmani dengan mengutamakan nilai-nilai karakter di dalamnya. Ruang lingkup pembelajaran PJOK melibatkan seluruh komponen pembelajaran yang saling berkaitan mulai dari Guru sebagai aktor utama sebagai pendesain pembelajaran, model pembelajaran, serta lingkungan tempat siswa belajar. Maka dari itu dari permasalahan yang telah di paparkan oleh peneliti, peneliti melakukan penelitian mengenai karakteristik siswa SMPN 16 Kabupaten Kerinci Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan jasmani dalam membangun karakter percaya diri, Kerjasama, disiplin, jujur dan tanggung jawab siswa SMPN 16 Kerinci. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru Pendidikan jasmani di SMPN 16 Kerinci. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama, lembar observasi dan pedoman wawancara. Adapun tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data observasi, wawancara dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, membangun karakter percaya diri siswa SMPN 16 Kerinci yaitu dengan memberikan dorongan motivasi dan mengapreasiasi atas suatu kegiatan yang dilakukan, disiplin siswa SMPN 16 Kerinci yakni hadir tepat waktu dan memakai seragam olaharaga, membangun karakter kerjasma siswa yaitu saling membantu sesama anggota kelompok, membangun kejujuran siswa dengan cara siswa harus megakui kesalahan yang dilakukan dan adanya saling keterbukaan antar siswa maupun guru. membangun karakter tanggung jawab siswa SMPN 16 Kerinci pada saat siswa melakukan permainan olahraga memantau tugas yang diberikan serta mengembalikan barang-barang pada tempatnya semula.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: HARIS
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:02
Last Modified: 06 Jul 2023 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51704

Actions (login required)

View Item View Item