Rizki Amalia, Laili (2023) Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah dasar. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_LAILI RIZKI AMALIA_A1D119122.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Amalia, Laili Rizki. 2023. Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Ahmad Hariadi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, profil pelajar pancasila, dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di sekolah dasar. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap Tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islamdan budi pekerti, dan peserta didik. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti khususnya pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia telah diimplementasikan dengan baik dalam proses pembelajaran yang dimana pada tahap perencanaan guru melakukan asesmen diagnostik non-kognitif dan menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan pemetaanhasil asesmen tersebut, pada tahap pelaksanaan pembelajaran melakukan penerapan budaya positif dikelas dengan cara membuat kesepakatan kelas, dan pada tahap evaluasi pembelajaran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Implementasi profil pelajar pancasila melalui pembelajaran pendidikan agama islamd an budi pekerti khususnya pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia juga telah diimplementasikan melalui keteladan, praktik dan pembiasaan baik yang dilakukan peserta didik pada saat pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dikelas, dan didukung oleh kegiatan ekstrakulikuler yang terdapat di sekolah yaitu iqro center dan tahfidz. Hal ini sejalan dengan yang tercantum di dalam kemendikbud, 2021. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh, untuk kegiatan yang sudah terlaksana, peserta didik diharapkan dapat menjaga keterlaksanaan dari implementasi profil pelajar pancasila dimensi beriman, betakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia tersebut. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, profil pelajar pancasila, dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Amalia |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |