PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL NOVICK YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Sihombing, Gita Gusniaty PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL NOVICK YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL NOVICK YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI.

[img] Text
combined.pdf

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Sihombing, Gita Guniaty . 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis model Novick yang Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd, (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Modul, model Novick, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Statistika Kemampuan siswa SMPN 7 Muaro Jambi dalam memecahkan masalah matematika masih rendah, karena banyak siswa kesulitan dalam memahami masalah, tidak terbiasa membuat rencana penyelesaian masalah, sehingga tidak dapat melaksanakan penyelesaian dengan baik dan siswa sering tidak memeriksa kembali hasil penyelesaian yang dikerjakan. bahan ajar yang digunakan juga tidak sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran menggunakan model Novick yang mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan menguji kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada tahap define dilakukan analisis awal akhir, analisis karakteristik siswa, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design merancang modul yang menggunakan model Novick dan indikator pemecahan masalah. Pada tahap development, modul divalidasi oleh tim ahli materi dan desain diperoleh persentase 83,88% dan 76,78% dengan kriteria cukup valid/dapat digunakan dengan revisi kecil. Sehingga modul memenuhi kriteria kevalidan. Selanjutnya dilakukan ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil 10 siswa, diperoleh hasil respon terhadap modul 73,17% dan 79,82%. Pada ujicoba lapangan diperoleh respon siswa 81,12% dan hasil pengamatan aktifitas guru diperoleh rata-rata 83,81%. Sehingga modul dapat dikatakan Praktis karena keseluruhan memperoleh kriteria Sangat Baik. Sedangkan tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata kelas 73,87 dengan ketuntasan klasikal 83,87% sehingga kelas dikatakan mampu memecahkan masalah. Hasil pengamatan aktifitas siswa diperoleh rata-rata 85,65% dengan kategori Sangat Baik. Sehingga modul memenuhi kriteria Efektif. Dengan demikian, modul layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Bagi peneliti lain, dapat mengembangkan modul serupa dengan materi lain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GITA GUSNIATY SIHOMBING
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:15
Last Modified: 12 Sep 2018 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5176

Actions (login required)

View Item View Item