ALAWIYAH, ARNI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA FLUIDA SATATIS BERKONTEKS ETHNOPHYSICS KELAS XI DI MAN 01 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI ARNI ALAWIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1.COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (161kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
i ABSTRAK Alawiyah, Arni. 2023. Pengembangan E-Modul fisika fluida statis kelas XI di MAN 01 Tanjung Jabung Barat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Haerul Pathoni, SP.d., M.Pfis. Kata Kunci : E-Modul Fisika, Ethnophysics, Bahan Ajar dan Fluida Statis Pada saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut juga membawa dampak baik terhadap dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Selain mempermudah, penerapan teknologi di dalam dunia pendidikan juga dipandang mempercepat kerja dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu contoh pemanfaat teknologi dalam proses pembelajaran yaitu penggunaan bahan ajar elektronik atau E-Modul. E-modul adalah sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terkecil yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disajikan ke dalam format elektronik. Berdasarkan uraian di atas maka di lakukan penelitian serta pengembagan media pembelajaran e-modul Fisika fluida statis berkonteks ethnophysics kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengembangan emodul Fisika fluida statis berkonteks ethnophysics kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Barat.. Ini merupakan salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk melestarikan kebudayaan daerah Jambi serta penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap e-modul fisika yang di kembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement Dan Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap. Namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahap 3 yaitu tahap analyze, tahap design, dan development sedangkan pada tahap implement dan evaluate tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN 1 Tanjung Jabung Barat berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan materi serta angket respon siswa terhadap e-modul fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah mixed method. Berdasarkan validasi oleh tim ahli media dan materi menunjukan bahwa emodul Fisika fluida statis berkonteks ethnophysics kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Barat layak digunakan dan bisa dilakukan uji coba lapangan. E-modul yang di kembangkan memiliki spesifikasi yaitu membahas materi fluida statis berjumlah 36 halaman dan terdapat kearifan serta potensi lokal Jambi di dalamnya. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan ada siswa kelas XI MAN Tanjung Jabung Barat diperoleh skor rata-rata untuk persepsi siswa terhadap e-modul fisika fluida statis sebesar 3,1 masuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-MODUL FISIKA FLUIDA STATIS BERKONTEKS ETHNOPHYSICS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ALAWIYAH |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51807 |
Actions (login required)
View Item |