Ananda, Riska Putri (2023) Analisis Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dalam Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (187kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (283kB) |
|
Text
Bab 1 file skripsi.pdf Download (419kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (287kB) |
|
Text
dafus.pdf Download (389kB) |
|
Text
Skripsi Riska Putri Ananda FULL.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
halaman pengesahan (1).pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil observasi awal oleh peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berinteraksi sosial anak usia 5- 6 tahun pada TK ABA IV Kota Jambi yang belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari observasi awal pada saat kegiatan di sekolah yaitu masih ada anak yang belum mampu bermain dengan teman sebaya, belum mampu untuk menyapa teman atau guru, belum mampu untuk mengendalikan diri, serta belum mampu untuk bersabar disaat teman atau guru sedang berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pada tingkatan manakah analisis dampak negatif penggunaan gadget dalam interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 83 anak dan sampel penelitian ini sebanyak 18 anak. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Teknik Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data menggunakan tafsiran persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari penyebaran angket kepada 18 responden, maka di dapat hasil penelitian bahwa rata-rata persentase jawaban responden dari 35 item pernyataan tentang dampak negatif penggunaan gadget dalam interaksi sosial anak usia 5-6 tahun secara umum di TK ABA IV Kota Jambi berada pada tingkatan yang “Tinggi” (64 %). Kemudian analisis dampak negatif penggunaan gadget dalam interaksi sosial anak usia 5-6 tahun pada setiap indikator berbeda-beda. Pada indikator hubungan sosial yaitu pada tingkatan “Tinggi” (65%), pada indikator waktu kebersamaan pada tingkatan “Tinggi” (66%), pada indikator menyendiri pada tingkatan “Sedang” (59%), pada indikator sulit bergaul pada tingkatan “Sedang” (59%), pada indikator nuansa perasaan pada tingkatan “Tinggi” (61%), pada indikator kerja sama pada tingkatan “Tinggi” (64%), pada indikator egois pada tingkatan “Tinggi” (74%). This research is motivated by the results of initial observations by researchers in the field which shows that the social interaction skills of children aged 5- 6 years in Kindergarten ABA IV Jambi City which has not developed properly. Matter This can be proven from initial observations during school activities, namely there are still children who have not been able to play with peers, have not been able to to greet friends or teachers, have not been able to control themselves, as well have not been able to be patient when friends or teachers are talking. This study aims to analyze at which level analysis of the negative impact of using gadgets in the social interaction of children aged 5-6 year in Kindergarten ABA IV Jambi City. This type of research is descriptive research quantitative. The population of this study were 83 children and the sample of this study as many as 18 children. The sampling technique used is Engineering Random Sampling. The research instrument used was a questionnaire. Technique data analysis using percentage interpretation. The results of the study stated that from distributing the questionnaire to 18 respondents, the research results show that the average percentage of answers respondents from 35 statement items about the negative impact of using gadgets in the social interaction of children aged 5-6 years in general at ABA IV Kota Kindergarten Jambi is at a "High" level (64%). Then analyze the negative impact of using gadgets in interactions The social status of children aged 5-6 years on each indicator is different. On indicators social relations namely at the level of "High" (65%), on the time indicator togetherness at the level of "High" (66%), on the indicator of being alone at level of "Moderate" (59%), the indicator is difficult to get along at the level of "Medium" (59%), on the feeling nuance indicator at the "High" level (61%), on the cooperation indicator is at the "High" level (64%), the selfish indicator is at level of “High” (74%).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi sosial, Dampak negatif gadget |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Ananda |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51844 |
Actions (login required)
View Item |