PENGARUH RIWAYAT KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (TTD), POLA MAKAN, DAN STATUS GIZI TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI PUSKESMAS KTK KOTA SOLOK TAHUN 2022

KHAIRUNISA, MIA (2023) PENGARUH RIWAYAT KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH (TTD), POLA MAKAN, DAN STATUS GIZI TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI PUSKESMAS KTK KOTA SOLOK TAHUN 2022. S1 thesis, PRODI KEDOKTERAN.

[img] Text
cover.pdf

Download (194kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (171kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Mia Khairunisa (G1A119138)_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Angka kematian ibu (AKI) Indonesia masih tinggi yaitu 166/100.000 kelahiran dengan pendarahan menjadi penyebab terbanyak. Pendarahan pada ibu hamil berkaitan dengan anemia pada kehamilan. Menurut RISKESDAS 2018 48,9% ibu hamil di Indonesia mengalami anemia pada kehamilan. Pemerintah membuat program konsumsi 90 TTD selama kehamilan. Ibu hamil yang memiliki pola makan yang buruk dan status gizi kekurangan energi kronis (KEK) juga merupakan resiko untuk terjadi anemia dalam kehamilan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh konsumsi tablet tambah darah, pola makan, dan status gizi terhadap kadar hemoglobin ibu hamil. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasi analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan Juli sampai Desember 2022. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode total sampling pada 51 orang Ibu hamil trimester III di puskesmas KTK kota Solok. Instrumen penelitian berupa kuesioner konsumsi TTD, FFQ, pita LILA, dan data hasil laboratorium puskesmas KTK. Data yang diperoleh dibentuk dalam kategorik kemudian diolah menggunakan uji chi-square. Hasil: Berdasarkan hasil wawancara, pengukuran LILA dan data hasil laboratorium puskesmas KTK kota Solok ibu hamil tidak anemia (62,7%), mengkonsumsi TTD >90 tablet (58,8%), memiliki pola makan yang baik (51%), dan tidak menderita KEK (68,6%). Analisis uji chi-square menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara konsumsi tablet tambah darah (p-value 0,006) dan pola makan (p-value 0,000) dengan kadar hemoglobin ibu hamil. Sedangkan tidak didapatkan pengaruh yang signifikan pada status gizi (p-value 0,337) dengan kadar hemoglobin ibu hamil. Kesimpulan: Konsumsi tablet tambah darah dan pola makan kurang berpengaruh terhadap kadar hemoglobin ibu hamil. Sedangkan pada status gizi tidak memiliki pengaruh terhadap kadar hemoglobin ibu hamil. Kata Kunci: Kadar Hemoglobin, Tablet Tambah darah, Pola Makan, Status Gizi, Ibu Hamil.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Depositing User: Khairunisa
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:00
Last Modified: 07 Jul 2023 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51857

Actions (login required)

View Item View Item