HIDAYAT, HARYA (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Fluida untuk Pemahaman Konsep Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
PDF SKRIPSI HARYA FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
PDF COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 1.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
PDF PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
PDF BAB 5.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
PDF DAPUS.pdf Download (13kB) |
Abstract
Modul ini dilatarbelakangi karena terdapat permasalahan belajar siswa yang lebih memilih belajar dengan menggunakan buku atau mengerjakan soal-soal latihan yang materinya dikaitkan dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari pada saat dilakukan observasi pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Salah satu cara membantu siswa memahami fisika adalah dengan mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Pemahaman Konsep Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg dan Gall. Tahapan pada model Borg dan Gall hanya dilakukan sampai pada tahapan revisi produk berdasarkan hasil uji lapangan kedua. Pada tahapan ini dihasilkan modul pembelajaran fisika yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media agar diketahui tingkat validitasnya. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi fluida untuk pemahaman konsep siswa. Hasil validasi tiap indikator instrumen validasi dinyatakan valid dengan persentase validasi materi adalah 98,07% dan persentase validasi media adalah 95,45% dengan interpretasi sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fluida, Modul, Pemahaman Konsep, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hidayat |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 06:57 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |