IDENTIFIKASI PEREKMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN di TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

Tesalonika.S, Enjelie (2023) IDENTIFIKASI PEREKMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN di TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI ENJELIE TESALONIKA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalahterdapat 17 anak dari 74 anak yang perkembangan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius I kota Jambi yang belum berkembang secara baik. Masih belum berkembangnya keaksaraan anak yang terlihat ketik anak mengikuti proses pembelajaran, dimana pemahaman anak terhadap menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, mengenal suara huruf awal dari nama benda- benda yang ada disekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf masih belum berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini ialah: 1) untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal. 2) untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. 3) untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan keaksaraan pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda–benda yang ada di sekitarnya. 4) untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan keaksaraan pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 74 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 17 anak. Penarikan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan kriteria penafsiran presentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian didapatkan: 1) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal pada tingkat “Sedang” (46%). 2) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya pada tingkat “Tinggi” (62%). 3) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama pada tingkat “Sedang” (52%). 4) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf pada tingkat “Rendah” (37%). Kesimpulan penelitian bahwa perkembangan keaksaraan anak usia dini 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi berada pada tingkat “Sedang” (49%).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Perkembangan Keaksaraan, Anak Usia Dini 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: S
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:38
Last Modified: 18 Jul 2023 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51876

Actions (login required)

View Item View Item