MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI

Aris, Muhammad (2023) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI M.ARIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK M.ARIS.pdf

Download (386kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN M.ARIS.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB 1 M.ARIS.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB 5 M.ARIS.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA M.ARIS.pdf

Download (271kB)

Abstract

Aris, Muhammad. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Role Playing Siswa Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Muaro Jambi” Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si dan (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Meningkatkan Keterampilan, Motivasi Belajar, Metode Role Playing Permasalahan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah “Apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Muaro Jambi?”. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mengunakan metode role playing pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap pertemuan dengan alokasi waktu 3 x pertemuan ( 2x40 menit ). Berdasarkan hasil tes akhir setiap siklus pada bab IV maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Hasil evaluasi pada siklus I mencapai nilai rata-rata 33% ketuntasan, pada siklus II meningkat menjadi 94,9%. Dengan demikian pelaksanaan tindakan dengan menggunakan metode role playing motivasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Muaro Jambi pada setiap siklus semakin meningkat Dapat di simpulkan bahwa melalui penggunaan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Aris
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:35
Last Modified: 07 Jul 2023 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51881

Actions (login required)

View Item View Item