Juniana, Maolia (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN RESUSITASI JANTUNG PARU (RJP) DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MELAKUKAN RESUSITASI JANTUNG PARU MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN DAN KEDOKTERAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (241kB) |
|
Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (835kB) |
|
Text
SKRIPSI MAOLIA JUNIANA G1B119004.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Resusitasi Jantung Paru adalah upaya untuk menurunkan risiko henti jantung. Tindakan ini dapat dilakukan oleh siapa saja (Bystander) pada saat genting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pengetahuan mengenai henti jantung dan prosedur RJP serta efikasi diri dalam melakukan RJP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan RJP dengan efikasi diri dalam melakukan RJP. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa sarjana keperawatan dan kedokteran serta profesi ners dan profesi dokter Universitas Jambi yang berjumlah 221 responden yang ditentukan dengan metode cluster sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada 14-28 Februari 2023 di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Hasil dari penelitian ini adalah 55 responden (25%) memiliki pengetahuan baik, 111 responden (50%) memiliki pengetahuan cukup dan 55 responden (25%) memiliki pengetahuan kurang. Efikasi diri rendah 31 responden (14%) dan efikasi diri tinggi 190 responden (86%). Uji statistik menunjukkan nilai p-value pada program studi sarjana keperawatan 0,592>0,05, sarjana kedokteran 0,954>0,05, profesi ners 0,397>0,05 dan profesi dokter 0,103>0,05 yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan RJP dengan efikasi diri dalam melakukan RJP. Kesimpulan : Sebagain besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan tidak ada hubungan pengetahuan dengan efikasi diri dalam melakukan RJP. Oleh karena itu, perlu dilakukannya upaya peningkatan pengetahuan dengan menerapakan metode video edukasi dan roleplay dalam proses pembelajaran. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan efikasi diri dalam melakukan RJP. Kata Kunci : Pengetahuan, Efikasi Diri, RJP
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Efikasi Diri, RJP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Juniana |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51950 |
Actions (login required)
View Item |