Andini, Zulfa (2023) Aksesibilitas Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Muaro Bungo. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB I_Zulfa Andini.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB IV_Zulfa Andini.pdf Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (646kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (277kB) |
|
Text
Zulfa Andini (H1A119003)_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
INTISARI Aksesibilitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muaro Bungo belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan pelayanan dan fasilitas untuk penyandang disabilitas saat memperoleh pelayanan dan memanfaatkan fasilitas, Di DUKCAPIL kabupaten Muaro Bungo Fasilitas fisiknya baru ada kursi roda dan handrail, untuk pendamping dan penerjemah serta yang lainnya itu belum tersedia semua bagi kelompok disabilitas serta adanya tangga menuju ruang perekaman sehungga hal tersebut tidak aksesibel bagi kelompok disabilitas untuk mengakses pelayanan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di DUKCAPIL. Di Kabupaten Muaro Bungo jumlah penyandang disabilitas berada diperingkat kedua di Provinsi Jambi dan masih banyak para penyandang disabilitas yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Aksesibilitas pelayanan dan fasilitas yang masih banyak belum terpenuhi untuk kelompok disabilitas sehingga menghambat mereka dalam mengakses pelayanan dimana pun yang sudah menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan akses yang jauh dari beberapa kecamatan menuju DUKCAPIL . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aksesibilitas pelayanan publik Tangibles, Realibility, Responsiviness, Assurance, Emphanty yang diberikan Instansi DUKCAPIL bagi kelompok disabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan mengambil lokasi penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muaro Bungo. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa dari lima aspek kualitas pelayanan publik dalam mempermudah pelayanan di DUKCAPIL terlihat pada respon, keakuratan data dan perhatian yang diberikan pegawai DUKCAPIL sudah bagus namun untuk pelayanan aksesibilitas nonfisiknya belum terpenuhi dengan baik begitupun dengan fasilitas fisiknya masih banyak yang belum tersedia sehingga tidak aksesibel dan tidak ramah bagi kelompok disabilitas masih minim nya upaya Dukcapil dalam memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas. Kata Kunci : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Penyandang Disabilitas, Aksesibilitas Pelayanan Publik. ABSTRACT Accessibility of Public Services at the Population and Civil Registration Office of Muaro Bungo Regency has not fully paid attention to the needs of services and facilities for persons with disabilities when obtaining services and utilizing the facilities, at DUKCAPIL Muaro Bungo district The physical facilities are wheelchairs and handrails, for companions and translators and others it is not yet available for all groups with disabilities and there are stairs leading to the recording room so that it is not accessible for groups with disabilities to access services and utilize existing facilities at DUKCAPIL. In Muaro Bungo Regency, the number of persons with disabilities is ranked second in Jambi Province and there are still many persons with disabilities who do not have an Identity Card (KTP) and the accessibility of services and facilities is still largely unfulfilled for groups with disabilities, which hinders them from accessing services wherever possible. already using a Resident Identification Number (NIK) and remote access from several sub-districts to DUKCAPIL. The purpose of this study was to find out how accessible the Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphanty public services provided by the DUKCAPIL Agency are for groups with disabilities. This research was conducted using descriptive qualitative methods, and took the research location at the Population and Civil Registration Office of Muaro Bungo Regency. Data collection techniques using interviews, observation, documentation and data analysis. The results of this study show that of the five aspects of the quality of public services in facilitating services at DUKCAPIL, it can be seen in the response, accuracy of data and attention given by DUKCAPIL employees who are good, but for non-physical accessibility services they have not been fulfilled properly as well as with many physical facilities that are not yet available so that inaccessible and unfriendly to groups with disabilities, there is still minimal effort by Dukcapil to pay attention to the needs of persons with disabilities. Keywords : Department of Population and Civil Registration, Persons with Disabilities, Accessibility of Public Services.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Andini |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51979 |
Actions (login required)
View Item |