Khumairotuzzaroah, khumairotuzzaroah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH)) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 121/I MUARO SINGOAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (335kB) |
|
Text
SKRIPSI-KHUMAIROTUZZAROAH-A1D119029.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (406kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (230kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
Abstract
Khumairotuzzaroah. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN 121/1 Muaro Singoan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd, (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Model Student Facilitator And Explaining (SFAE), Pendekatan Saintifik (Scientific Approach), keaktifan belajar siswa Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini didapatkan bahwa keaktifan belajar siswa pada muatan terpadu di kelas V SDN 121/I Muaro Singoan masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Permasalahan tersebut didapatkan dari hasil observasi pra tindakan peneliti menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu antusias siswa masih rendah. Siswa seringkali diam saat guru menjelaskan materi dan hanya mendengarkan penjelasan tanpa memberikan tanggapan yang membangkitkan rasa ingin tahunya. Selain itu, siswa hanya menanggapi seadanya saja, menunjukkan bahwa kurangnya interaksi antara siswa dan guru. Siswa hanya mengerjakan tes yang telah diberikan dan belum menerapkan pembelajaran kelompok yang heterogen yang dapat membantu siswa bertukar pendapat dengan temannya. Beberapa siswa terlihat diam saja, tidak memperhatikan guru, mengobrol dengan teman sebangku, dan mengganggu temannya selama proses pembelajaran. Sehingga proses pembelejaran menjadi kurang efektif karena adanya umpan balik antara siswa dan guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebanyak 50%, dari presentase pratindakan yaitu 27,77% atau 5 siswa, kemudian pada siklus I memperoleh keberhasilan keaktifan belajar siswa sebanyak 44,44% atau 8 siswa, hingga pada siklus II meningkat menjadi 83,33% atau 15 siswa dari keseluruhan siswa yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang dilihat dari peningkatan yang sudah mencapai 75% dari jumlah siswa atau 14 siswa dari indikator keberhasilan penelitian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Student Facilitator And Explaining (SFAE), Pendekatan Saintifik (Scientific Approach), keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Khumairotuzzaro'ah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52028 |
Actions (login required)
View Item |