Pengaruh Motivasi dan Manajemen Waktu Terhadap Kesulitan Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Prasastiningtyas, Novrendina Pengaruh Motivasi dan Manajemen Waktu Terhadap Kesulitan Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Pengaruh Motivasi dan Manajemen Waktu Terhadap Kesulitan Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. (Unpublished)

[img] Text
A1A114027-Artikel.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Prasastiningtyas, Novrendina (2018). Pengaruh Motivasi dan Manajemen Waktu Terhadap Kesulitan Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Suratno, M.Pd. (II) Siti Syuhada, S.Pd, M.E. Kata Kunci : Motivasi, Manajemen waktu, Kesulitan Belajar Ekonomi Kesulitan belajar tidak hanya dialami siswa pada mata pelajaran yang bersifat eksakta saja, namun juga dialami pada mata pelajaran yang bersifat sosial yaitu mata pelajaran ekonomi. Seperti yang dialami oleh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Dari total jumlah siswa sebanyak 127 orang, sekitar 83,36% atau sebanyak 108 orang siswa tidak tuntas. Hal ini dikarenakan nilai ujian semester yang diperoleh masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan, hanya sekitar 16,64% atau sebanyak 19 siswa yang sudah memenuhi KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kesulitan belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi; 2) Untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap kesulitan belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan manajemen waktu terhadap kesulitan belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk ke dalam pendekatan penelitian Ex-Post facto. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 52 orang siswa. Data variabel yang diteliti yaitu motivasi (X1), manajemen waktu (X2), dan kesulitan belajar (Y) dikumpulkan melalui angket yang disusun berdasarkan indikator-indikator dari setiap variabel tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,510 atau 51,0%. Ini artinya bahwa variabel motivasi dan manajemen waktu dapat mempengaruhi kesulitan belajar ekonomi sebesar 51,0%, sedangkan sebesar 49,0% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara motivasi dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap kesulitan belajar ekonomi. Selain itu, pengaruh secara parsial dapat dilihat dari hasil thitung yang juga menunjukkan bahwa motivasi dan manajemen waktu secara parsial mempengaruhi kesulitan belajar ekonomi. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan memperbaiki manajemen waktunya supaya kesulitan belajar ekonomi yang dialami dapat diminimalisir. Begitu juga dengan guru untuk dapat lebih memberikan bantuan dan bimbingan kepada siswanya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NOVRENDINA PRASASTININGTYAS
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:06
Last Modified: 12 Sep 2018 01:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item