Safitri, Yuyun Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) Terhadap Peningkatan Karakter Pilar Tanggung Jawab pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) Terhadap Peningkatan Karakter Pilar Tanggung Jawab pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018. (Unpublished)
Text
ARTIKEL YUYUN SAFITRI.pdf Download (464kB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Yuyun (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) Terhadap Peningkatan Karakter Pilar Tanggung Jawab pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018. Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, M.E (II) Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Karakter Pilar Tanggung Jawab Penelitian ini dilatar belakangi karena semakin menurunnya karakter siswa disekolah, salah satunya adalah karakter pilar tanggung jawab. Padahal karakter pilar tanggung jawab memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan manusia. Karakter pilar tanggung jawab merupakan bagian dari pendidikan nilai dan karakter yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya siswa cenderung melepas dan tidak menjalankan tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Divisions)dapat meningkatkan karakter pilar tanggung jawab belajar siswa mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designatau nondesigndengan bentuk One-Shot Case Study populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018 dan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 4 yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-observasi (sebelum perlakuan)dan post-observasi (setelah perlakuan) Hasil penelitian menunjukkaan bahwa rata-rata pre-observasi karakter pilar tanggung jawab kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperati tipe STAD adalah sebesar 24,5 sedangkan rata-rata post-observasiadalah sebesar 31,12. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan Uji t sebesar 2 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai ttabel 1,997. Dengan demikian thitung> ttabel atau 2> 1,997 dapat disimpulkan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Divisions)dapat meningkatkan karakter pilar tanggung jawab belajar siswa mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018 Saran dalam penelitian ini guru ekonomi sebaikna dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD agar aspek afektif siswa bisa meningkat, tidak hanya kognitifnya saja yang baik. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna untuk peneliti selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | YUYUN SAFITRI |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 01:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 01:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5208 |
Actions (login required)
View Item |