Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Jambi

Laelani, Yasirotul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
COVER..pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unjaac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Jambi. Setelah dilakukan random sampling untuk menentukan sampel, maka terpilihlah kelas VIII-D dan VIII-G sebagai sampel dalam penelitian ini, yang jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 21 orang. Kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dan VIII-G sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model pembelajaran berbasis proyek adalah tes tertulis. Data penelitian ini didapat dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. setelah diperoleh hasil pre-test dan post-test siswa, kemudian peneliti menganalisis data dengan menggunakan program SPSS versi 25. Dari hasil analisis data diketahui bahwa pada post-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,81 yang masuk pada kategori baik. Berbeda dengan post-test kelas kontrol yang meraih nilai rata-rata sebesar 67,00 yang termasuk dalam kategori kurang. Dari penelitian ini juga diperoleh hasil T hitung > T tabel 4,777 >2,093, yang berarti hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan hasil menulis teks berita siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen. Dari itu, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Jambi. Dari hasil tersebut, maka disarankan agar pembelajaran menulis teks berita perlu menggunakan model pembelajaran berbasis proyek agar keterampilan siswa dalam menulis teks berita dapat meningkat. Kemudian untuk para peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks lainnya sehingga ilmu pengetahuan di bidang pendidikan semakin berkembang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek, Keterampilan Menulis, Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Laelani
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:57
Last Modified: 10 Jul 2023 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52144

Actions (login required)

View Item View Item