WAHYUNI, LINA ANALISIS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING DAN MATHEMATICS) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII E SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING DAN MATHEMATICS) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII E SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL UNJA...pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran IPA berbasis STEM pada materi sistem pernapasan di kelas VIII E SMP Negeri 7 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah guru IPA SMP Negeri 7 Kota Jambi dan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Pada penelitian ini, sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling, diantaranya Ibu X sebagai Subjek 1 dan siswa kelas VIII E sebagai Subjek 2. Instrumen yang digunakan lembar wawancara, lembar observasi, dan kamera. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konten pada sistem pernapasan, ialah: organ pernapasan, mekanisme pernapasan, volume pernapasan, serta gangguan pada sistem pernapasan dan upaya menjaganya. Konteks terdiri dari the school level, the classroom level, dan the personal level. The school level berkaitan dengan visi dan misi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler siswa, tenaga pendidikan, serta sarana dan prasarana. The classroom level berkaitan dengan bahan ajar yang mendukung terlaksananya proses pembelajaran. The personal level berkaitan dengan bagaimana cara guru agar dapat termotivasi untuk tetap berada di sekolah dan mengajar di kelas. Sikap siswa diamati melalui proses observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan melalui wawancara. Terdapat beberapa sikap siswa yang ditemui, yaitu antusias, serius, pemecah masalah, dan bertanggung jawab. Kata kunci: Analisis, Pembelajaran IPA, STEM, Sistem Pernapasan
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | LINA WAHYUNI |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 08:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 08:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5215 |
Actions (login required)
View Item |