Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Tanggapan Biografi Siswa Kelas VII SMPN 10 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023

Br Ginting, Julia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Tanggapan Biografi Siswa Kelas VII SMPN 10 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks tanggapan dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar menulis teks tanggapan biografi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan menggabungkan data kualitatif dan data kuantitatif dalam penyajian datanya dengan tipe pararel konvergen. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dan pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah desain true experimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh nilai pretest sebesar 37.85 dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek nilai posttest meningkat menjadi 61.85 dengan uji-t (2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan karena nilai menulis teks tanggapan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan. This study aims to describe the application of the project-based learning model in writing response texts and to find out how the results of learning to write biographical response texts for class VII students of SMP Negeri 10 Jambi City. This study uses a combination of qualitative data and quantitative data in presenting the data with a convergent parallel type. The qualitative approach used is qualitative-descriptive and the quantitative approach used is a true experimental design with a pretest-posttest control group design. Student learning outcomes before using the project-based learning model obtained a pretest value of 37.85 and after using the project-based learning model the posttest value increased to 61.85 with a t-test (2-tailed) of 0.02 <0.05 so that the hypothesis was accepted. It can be concluded that the project-based learning model can be applied because the value of writing response text before and after the application of the project-based learning model has increased.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pjbl, penerapan, menulis, teks tanggapan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: GINTING
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:50
Last Modified: 10 Jul 2023 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52167

Actions (login required)

View Item View Item