MARLAINI, MARLAINI (2023) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
Text
SKRIPSI..pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (91kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran discovery learning dalam mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VII. Pada penelitian ini penyusunan dan pengembangan LKPD menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar validasi LKPD (Ahli media dan ahli materi), lembar kepraktisan LKPD ( angket respon perorangan dan angket respon peserta didik) dan lembar keefektifan ( lembar hasil keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik) Hasil penelitian pengembangan ini berupa LKPD dengan kualitas media pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini termasuk kedalam kualitas media pembelajaran yang baik. Hal ini diperoleh berdasarkan kriteria kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi berturut-turut yaitu 84% dan 82% yang mana termasuk kedalam kategori valid. Kriteria kepraktisan yang dilihat dari respon guru terhadap dan respon peserta didik kelompok kecil diperoleh persentase berturut-turut 85% dan 86% yang termasuk dalam kategori praktis dan sangat praktis. Dan selanjutnya kualitas LKPD yang dilihat berdasarkan kriteria keefektifan yang dilihat melalui lembar observasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar dengan hasil berturut-turut 84% yang termasuk baik, 81,25% dengan kriteria tinggi serta sebesar 85,62% yang dikategorikan sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Marlaini |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:43 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52217 |
Actions (login required)
View Item |