Hasymi Erizal, Rozi (2023) Perbandingan Kepuasan Pasien Jkn Terhadap Pelayanan Kesehatan Yang Didapat Pada Akreditasi Puskesmas Madya Dan Utama Di Kota Jambi Tahun 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
Rozi hasymi erizal_N1A19139_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (223kB) |
Abstract
Latar Belakang: Program akreditasi FKTP bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan dengan menciptakan jaringan layanan klinis yang sesuai dengan persyaratan akreditasi yang berlaku, Kualitas pelayanan kesehatan dapat dinilai dari beberapa dimensi yaitu tangible, reliability, emphaty, responsiveness dan Assurance. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kepuasan pasien jkn terhadap pelayanan kesehatan yang didapat pada akreditasi puskesmas madya dan utama di kota jambi. Metode : Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di 4 puskesmas yang berakreditasi madya dan utama di Kota jambi. Dengan Populasi penelitian sebanyak 87.555 dengan sampel sebanyak 121 Responden . Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan Uji mann whitney U. Hasil : Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa rata rata responden merasakan puas dengan masing masing variabel, untuk variabel tangible didapatkan (p value = 0,000), reliability (p value = 0,223), emphaty (p value = 0,000), Responsiveness (p value = 0,488) dan Assurance (p value = 0,328). Kesimpulan : Terdapat perbandingan yang signifikan pada dimensi Tangible dan emphaty terhadap kepuasan pasien pada puskesmas berakreditasi madya dan utama sedangkan pada dimensi reliability, responsiveness dan Assurance tidak terdapat perbandingan yang signifikan. Kata kunci : Tingkat kepuasan pasien, Akreditasi puskesmas, CSI, JKN Background: The FKTP accreditation program aims to improve performance and service quality by creating a clinical service network that is in accordance with applicable accreditation requirements, The quality of health services can be assessed from several dimensions, tangible, reliability, emphaty, responsiveness and assurance. The purpose of this study is to determine the comparison of JKN patient satisfaction with health services obtained at the accreditation of intermediate and main health centers in Jambi City. Method: Quantitative research with cross sectional design. This research was conducted in 4 accredited and main puskesmas in Jambi City. With a research population of 87,555 with a sample of 121 respondents. Data collection using questionnaires, data were analyzed univariately and bivariately using the mann whitney U test. Results: This study found that the average respondent was satisfied with each variable, for tangible variables obtained (p value = 0.000), reliability (p value = 0.223), emphaty (p value = 0.000), Responsiveness (p value = 0.488) and Assurance (p value = 0.328). Conclusion: There is a significant comparison on the tangible and emphaty dimensions of patient satisfaction at intermediate and main accredited puskesmas while on the dimensions of reliability, responsiveness and assurance there is no significant comparison. Keywords: Patient satisfaction level, Puskesmas accreditation, CSI, JKN
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat kepuasan pasien, Akreditasi puskesmas, CSI, JKN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Erizal |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |