PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 1945 UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Leonardus Sidabutar, Juniarto PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 1945 UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 1945 UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Sidabutar, Juniarto Leonardus. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis 3D Pageflip Professional Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945 Untuk Sekolah Menengah Atas: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (II) Reka Seprina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Sejarah, 3D Pageflip Professional, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945. Realita yang selama ini terjadi di lapangan dalam pembelajaran sejarah adalah kurangnya bahan ajar sejarah yang memadai, guru masih sering menerapkan model pembelajaran konvensional, kurangnya pemanfaatan fasilitas media pembelajaran yang telah tersedia di sekolah. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran sejarah di sekolah, peserta didik juga merasa bahwa pembelajaran sejarah yang selama ini mereka rasakan sangat kering dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis 3D Pageflip Professional dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis 3D Pageflip Professional ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD pembelajaran yang dibuat menggunakan software 3D Pageflip Professional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Dari hasil validasi media diperoleh presentase sebesar 86% masuk dalam kategori sangat baik, validasi materi diperoleh presentase sebesar 80% masuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil angket uji coba kelompok terbatas diperoleh hasil presentase sebesar 85,5% masuk dalam kategori sangat baik, kelompok kecil diperoleh skor presentase sebesar 86,4% masuk dalam kategori sangat baik, kelompok besar diperoleh presentase sebesar 87% masuk dalam kategori sangat baik, uji lapangan diperoleh presentase sebesar 91% masuk dalam kategori sangat baik. Selain mendapat respon yang baik, media 3d pegeflip professional tersebut juga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS1 SMAN 2 Batanghari sebesar 14,94% dan presentase hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS2 SMAN 5 Kota Jambi sebesar 14,97% dan semuanya itu mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik kearah yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan media pembelajaran sejarah berbasis 3D Pageflip Professional dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif guru dalam melakukan proses belajar mengajar, serta guru dapat mengembangkan media tersebut dengan materi yang berbeda dan media ini dapat menarik minat peserta didik dalam belajar sejarah dan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JUNIARTO LEONARDUS SIDABUTAR
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:13
Last Modified: 13 Sep 2018 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item