Zahara, Denisya (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 83/I BAJUBANG DARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
A1D119028_DENISYA ZAHARA_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Zahara, Denisya. 2023. Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 83/I Bajubang Darat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Keaktifan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada muatan pembelajaran IPA di kelas V SDN 83/I Bajubang Darat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data penelitian diperoleh melalui teknik observasi dan. Data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data setiap siklus pertemuan. Pada Pratindakan terdapat 23,07% atau 3 peserta didik yang telah memenuhi seluruh kriteria indikator keaktifan belajar. Siklus I mengalami peningkatan sebesar 53,84% atau 7 peserta didik yang memenuhi seluruh kriteria indikator keaktifan belajar dan diakhir siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,38% sehingga menjadi 84,61% atau 11 peserta didik yang memenuhi seluruh kriteria indikator keaktifan belajar dengan peserta didik sudah memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik, berani untuk menyampaikan pendapatnya, saling membantu dalam kelompok diskusi, aktif untuk memberikan respon dan menjawab pertanyaan dari guru serta berani untuk bertanya apabila mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran atau mengerjakan tugas yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada muatan pembelajaran IPA di kelas V SDN 83/I Bajubang Darat yang terbukti dengan keberhasilan penelitian ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Zahara |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |